Pilot Lain Sempat Berkomunikasi Dengan Malaysia Airlines

Pilot Lain Sempat Berkomunikasi Dengan Malaysia Airlines
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - SEORANG pilot pesawat yang enggan disebutkan namanya mengaku dirinya sempat berkomunikasi dengan awak pesawat Malaysia Airlines MH370 sebelum pesawat itu hilang kontak. 

Menurut pilot yang menerbangan pesawat tujuan Bandara Narita, Tokyo Jepang itu, dirinya sempat berbicara dengan pilot MH370 saat berada di atas wilayah Vietnam dengan frekuensi darurat. 

Kata dia kepada media Malaysia, saat melintas di atas wilayah Vietnam dan waktu menunjukkan pukul 01.30 waktu setempat, dirinya diminta oleh petugas air traffic control Vietnam untuk menghubungi MH370. 

"Petugas kesulitan untuk mengubungi MH370, karena pesawat saya sudah berada di wilayah Vietnam, mereka (petugas) meminta saya menghubungi pesawat itu," kata dia.

Dan komunikasi pun berhasil meski hanya sesaat. "Saya yakin itu adalah kapten Zaharie atau Kapten Fariq (pilot dan co-pilot MH370)," imbuhnya. 

Sayangnya komunikasi darurat itu tak berjalan lancar. Kata dia suara relatif statis, ada banyak gangguan dan lawan bicaranya terdengar bergumam tak jelas. 

Nah, setelah itu kontak itu putus. Dia pun yakin bahwa saat itu pesawat MH370 tidak mengalami gangguan serius karena tidak mengeluarkan sinyal Mayday. (theguardian/mas) 

SEORANG pilot pesawat yang enggan disebutkan namanya mengaku dirinya sempat berkomunikasi dengan awak pesawat Malaysia Airlines MH370 sebelum pesawat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News