Pulau yang Dulu Dikira Tidak Maju

Pulau yang Dulu Dikira Tidak Maju
Pulau yang Dulu Dikira Tidak Maju

jpnn.com - OH, Sumatera. Rencana jalan tol sudah diperjuangkan lebih dari setahun lalu. Hasilnya: masih harus berjuang untuk mendapatkan keputusan. Jaringan listrik lintas Sumatera yang dimulai pada 2008 belum tahu entah selesai kapan. Dua pembangkit listrik besar yang dibangun, dua-duanya menjerit.

Pembangkit listrik paling ramah lingkungan Asahan III di Sumatera Utara belum bisa dimulai. Izin lokasinya kini sudah mau ulang tahun yang ke-3. Masih juga berbentuk izin lokasi. Belum bisa bergerak. Bahkan, izin lokasi itu menimbulkan kesengsaraan: bupati yang mengeluarkannya menjadi terdakwa.

Saya merasa bersalah. Terutama kepada Pak Bupati Toba Samosir. Sayalah yang mendesak Pak Bupati agar segera mengeluarkan izin lokasi. Agar PLTA 180 MW itu bisa segera dibangun. Agar kekurangan listrik di Sumut teratasi.

Dana pembangunan PLTA itu sudah lama tersedia. Sudah tujuh tahun lalu. Bantuan Jepang. Kita sungguh malu kepada Jepang. Diberi uang tidak bisa menggunakannya. Saya lihat lokasi proyek itu juga sudah siap.

Hasil studi konsultan Jepang, Nippon Koy, menunjuk lokasi itulah yang tepat. Uang ada. Hasil studi ada. Pemenang tender sudah siap kerja. Penduduk setempat juga sudah bersedia diberi ganti rugi. Uang sudah dibayarkan. Lokasi itu memang berbentuk desa, tegalan, dan persawahan.

Lalu terungkaplah bencana itu: menurut peta entah zaman apa, lokasi itu ternyata termasuk hutan! Bupati dianggap memberikan izin lokasi PLTA di tanah hutan! Bupati pun menjadi tersangka. Proyek langsung seperti kipas angin yang dicopot kabelnya: berhenti berputar.
Kenapa lokasi yang sudah berpuluh tahun menjadi pedesaan itu masih tercatat sebagai hutan, tidak ada yang tahu. Nasib Sumut!

Demikian juga pembangkit listrik raksasa di Pangkalan Susu 2 x 200 MW. Tiang listrik untuk mengalirkan daya itu ke Medan belum bisa didirikan semua. Ruwet. Mbulet. Sampai-sampai saya sering bertanya kepada diri sendiri: di Sumut ini siapa sih sebenarnya yang perlu listrik?

Oh, Sumatera! Pulau yang amat kaya energi! Pulau yang kekurangan energi!

OH, Sumatera. Rencana jalan tol sudah diperjuangkan lebih dari setahun lalu. Hasilnya: masih harus berjuang untuk mendapatkan keputusan. Jaringan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News