Ilmuwan Temukan Zat Baru Perusak Ozon

Ilmuwan Temukan Zat Baru Perusak Ozon
Ilmuwan Temukan Zat Baru Perusak Ozon

jpnn.com - LONDON -- Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi empat gas buatan manusia terbaru yang berkontribusi pada penipisan lapisan ozon. Dua dari gas perusak ozon tersebut berada dalam batas mengkhawatirkan dan menimbulkan keprihatinan para ilmuwan.

"Sumber asal dari gas-gas ini masih belum diketahui. Zat ini tetap menjadi misteri," kata Dr Johannes Laube University of East Anglia, seperti dilansir BBC, Minggu (9/3).

Empat gas baru itu telah diidentifikasi antara lain CFC - 112, CFC112a, CFC - 113a, HCFC- 133a, CFC - 113a, merupakan agrokimia perantara untuk pembuatan piretroid, sejenis insektisida yang biasanya banyak digunakan dalam pertanian.

Sedangkan CFC - 113a dan HCFC - 133a adalah perantara dalam produksi refrigeran yang banyak digunakan selama ini. Sementara CFC - 112 dan 112a kemungkinan digunakan dalam produksi pelarut yang digunakan untuk membersihkan komponen listrik.

"Sebelumnya kekhawatiran atas meluasnya lubang ozon berasal dari penggunaan chlorofluorocarbon ( CFC ), namun gas ini telah dibatasi sejak pertengahan 1980-an," sambungnya.

Ozon yang berada di atmosfer, antara ketinggian 15 - 30 km di atas permukaan bumi , merupakan zat penting yang mampu menghalangi sinar UV berbahaya penyebab kanker pada manusia dan masalah reproduksi pada hewan.
   
"Kita tidak tahu darimana gas-gas baru itu dipancarkan dan ini harus diselidiki," ujarnya.

Para ilmuwan dari British Antarctic Survey adalah yang pertamakali berhasil menemukan lubang besar ozon di atas Antartika pada tahun 1985. Bukti sebelumnya menunjukkan gas CFC, yang diproduksi sejak 1920 dan secara luas digunakan dalam pendinginan dan sebagai propelan aerosol dalam produk seperti hairsprays dan deodoran menjadi biang keroknya.

Untungnya, aksi global dunia dengan cepat menyetujui membatasi penggunaan CFC, disusul Protokol Montreal yang membatasi zat ini pada tahun 1987. Sedangkan larangan secara global untuk memproduksinya berlaku pada 2010 silam.

LONDON -- Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi empat gas buatan manusia terbaru yang berkontribusi pada penipisan lapisan ozon. Dua dari gas perusak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News