Ketua DPD : Jawa Masa Lalu, Kawasan Timur Masa Depan

Ketua DPD : Jawa Masa Lalu, Kawasan Timur Masa Depan
Ketua DPD : Jawa Masa Lalu, Kawasan Timur Masa Depan

jpnn.com - AMBON - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan, nama pahlawan nasional Pattimura yang dijadikan nama oleh salah satu universitas di Kota Ambon hendaknya bisa jadi penyemangat bagi para mahasiswanya untuk berprestasi.

"Jarang universitas yang memakai nama pahlawan. Di Kota Ambon ini ada Universitas Pattimura. Nama ini hendaknya bisa jadi inspirasi bagi para mahasiswanya untuk berprestasi," kata Irman Gusman, saat memberi kuliah umum di Universitas Pattimura, Kota Ambon, Senin (10/3).

Menurut senator asal Sumatera Barat itu, Pattimura berasal dari Nusa Ina Seram Maluku dan kini telah jadi milik bangsa. "Saya ingin Universitas Pattimura ini kelak juga jadi kebanggaan bangsa yang ditandai dengan lahirnya para akademisi dan intelektual yang handal dan berprestasi," ujar Irman.

Dijelaskannya, untuk bisa jadi mahasiswa di Universitas Pattimura merupakan sebuah anugerah yang patut disyukuri sebab dari sekitar 250 juta penduduk hanya sekitar 6 juta saja yang bisa mengenyam pendidikan tinggi.

"Dari 6 juta mahasiswa itu, 24 ribu diantaranya ada di Universitas Pattimura dan mayoritas dari para mahasiswanya itu adalah perempuan. Ini patut disyukuri," kata Irman Gusman.

Selain itu, Ketua DPD juga mendorong agar para mahasiswa Universitas Pattimura tidak takut bersaing dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gajahmada.

"Untuk berprestasi, tidak ditentukan oleh di mana kita kuliah. Prestasi ditentukan oleh visi, motivasi, spirit, kepercayaan diri dan doa," ujar Irman Gusman.

Kalau hal tersebut dipenuhi, menurut Irman, lima atau 10 tahun ke depan Universitas Pattimura pasti bisa mengalahkan atau setidaknya sejajar dengan universitas-universitas di kawasan barat Indonesia.

AMBON - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan, nama pahlawan nasional Pattimura yang dijadikan nama oleh salah satu universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News