Bintang Ini 1300 Kali Lebih Besar dari Matahari

Bintang Ini 1300 Kali Lebih Besar dari Matahari
Ilustrasi. FOTO: ESO

jpnn.com - LONDON - Astronom berhasil menemukan bintang kuning raksasa terbesar dari yang ditemukan sebelumnya dalam pengamatan dengan menggunakan telekop Very Large Telescope milik ESO. Begitu besarnya bintang ini hingga 1300 kali lebih gede dibanding matahari.

Dinamai hypergiant HR 5171, raksasa kuning itu terletak dalam sistem bintang ganda yang berjarak sekitar 12 ribu tahun cahaya dari Bumi. Saking besarnya bintang tersebut sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang, meskipun jaraknya dari Bumi begitu jauh.

"Observasi ini juga menunjukkan bintang ini memiliki pasangan yang berdekatan, ini membuat kami terkejut," ungkap Olivier Chesneau dari Observatoire de la Côte d'Azur, Nice, Prancis.

"Kedua bintang begitu dekat sehingga mereka saling bersentuhan dan seluruh sistem menyerupai kacang raksasa," sambungnya.

Menurut laman redorbit, para astronom menggunakan teknik yang dikenal sebagai interferometri, menggabungkan cahaya yang dikumpulkan dari berbagai teleskop individu untuk  menciptakan teleskop raksasa. Mereka lantas menggunakan hasil ini untuk mengamati perilaku bintang selama 60 tahun belakangan.

Raksasa kuning atau Yellow Hypergiants merupakan jenis bintang yang langka di alam semesta. Hanya selusin bintang-bintang raksasa telah ditemukan di galaksi Bima Sakti . Bintang kelas ini adalah salah satu yang terbesar dan paling terang yang dikenal selama ini dan berada pada tahap kehidupan tidak stabil.

HR 5171 adalah 1300 kali diameter matahari, menjadikannya bintang kuning terbesar yang pernah ditemukan. Bintang ini juga terbesar dari 10 dari bintang-bintang raksasa yang ada dan 50 persen lebih besar dari bintang super raksasa merah yang dikenal Betelgeuse .(esy/jpnn)


LONDON - Astronom berhasil menemukan bintang kuning raksasa terbesar dari yang ditemukan sebelumnya dalam pengamatan dengan menggunakan telekop Very


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News