Presiden Siap ke Riau, Pimpin Penanganan Asap

Presiden Siap ke Riau, Pimpin Penanganan Asap
Presiden Siap ke Riau, Pimpin Penanganan Asap

jpnn.com - JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan akan mengubah jadwal kunjungannya beberapa hari ke depan agar dapat mengunjungi wilayah Riau yang terkena bencana kabut asap.

Selama seminggu terakhir ini, presiden tengah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pekan depan pada tanggal 17 dan 18 Maret ia mengajukan cuti kampanye Partai Demokrat di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Belum diketahui, waktu mana yang akan dialihkan presiden untuk menuju ke Riau.

"Saya akan mengubah jadwal kegiatan saya kesempatan saya pertama adalah menuju ke Riau, untuk melihat langsung, memimpin kegiatan di sana lalu saya percayakan pada BNPB. Dengan demikian, harapan kita solusinya di tingkat pusat dan daerah," ujar

Presiden mengungkapkan seharusnya jajaran pejabat pemerintah pusat dan daerah belajar dari peristiwa setahun lalu. Tahun lalu, kabut asap juga merajalela di Riau bahkan hingga ke wilayah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Seharusnya, kata dia, pemerintah daerah sudah lebih sigap melakukan pencegahan pembakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

"Tahun lalu kita kerahkan hampir satu brigade TNI dengan segala peralatan yang ada kita beri sasaran satu minggu, bahkan lima hari selesai atau lebih cepat. Jadi sebenarnya bukan hal yang baru bagi Riau, bagi pemda jajaran Riau, bagi kita secara nasional. Tapi saya melihat, terus terang, kita tidak efektif benar dalam menangani ini semua," keluh Presiden.

Presiden menyatakan ia telah mengeluarkan instruksi agar ada peningkatan operasi tanggap darurat satu dua hari ke depan di Riau dan sekitarnya. Ia menyatakan semua harus bekerja cepat menyelesaikan masalah asap itu.

"Hitungannya jam, jangan nunggu 1, 2, 3, 4, 5 hari. Jam demi jam berharga. Jam demi jam berbahaya kalau tidak kita gunakan dengan baik," tandas Presiden. (flo/jpnn)

JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan akan mengubah jadwal kunjungannya beberapa hari ke depan agar dapat mengunjungi wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News