Kecepatan Kepik Menyamai Kecepatan Kuda Balap

Kecepatan Kepik Menyamai Kecepatan Kuda Balap
Kepik. FOTO: getty images

jpnn.com - LONDON - Kepik memang lebih kecil dari ukuran ujung jari manusia. Namun, siapa sangka ukuran bukan hambatan bagi hewan ini dalam kecepatan dan kekuatan dibandingkan makhluk lainnya.

Menurut penelitian ilmiah terbaru, Rothamsted Research di Inggris, kecepatan terbang hewan mungil ini setara dengan kecepatan kuda balap, yakni sekitar 37 mph atau 60 km/jam. Selain itu kepik juga mampu terbang pada ketinggian 3600 kaki atau 1100 meter.

Bukan itu saja, para peneliti yang juga meneliti stamina serangga kecil ini dibuat terkejut. Pasalnya mereka mampu tetap terbang di udara selama dua jam nonstop. Tak heran, kepik atau yang juga disebut ladybug ini mampu melakukan perjalanan hingga 74 mil atau 120 km dalam sekali perjalanan.

"Mereka terbang begitu cepat, aktif dan memang memiliki bentuk tubuh yang dibangun untuk terbang dengan sangat baik," kata Dr Lori Lawson Handley, dari University of Hull, seperti dilansir Dailymail, Senin (17/3).

Dijelaskannya, kepik harlequin adalah salah satu yang paling banyak jenisnya, bersama dengan tujuh jenis kepik ladybird. Di Inggris sendiri total ada sekitar 46 spesies kepik. Berwarna khas merah dan hitam menghiasi tubuh mereka. (esy/jpnn)


LONDON - Kepik memang lebih kecil dari ukuran ujung jari manusia. Namun, siapa sangka ukuran bukan hambatan bagi hewan ini dalam kecepatan dan kekuatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News