Ketua DPD: Otonomi Daerah Dorong Munculnya Koran-koran Lokal

Ketua DPD: Otonomi Daerah Dorong Munculnya Koran-koran Lokal
Ketua DPD: Otonomi Daerah Dorong Munculnya Koran-koran Lokal

jpnn.com - PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengatakan otonomi daerah punya andil besar terhadap lahir, tumbuh, dan besarnya koran-koran lokal.

"Di era otonomi, koran daerah lahir, tumbuh dan besar sehingga mampu menggeser nominasi koran-koran yang didatangkan dari Jakarta. Koran lokal dengan konten lokal juga mendorong masyarakat daerah untuk membaca koran," kata Irman Gusman, saat ramah tamah dengan sejumlah pimpinan redaksi harian suratkabar di Kota Padang, Senin (17/3).

Perkembangan media daerah tersebut lanjut Irman, tidak diikuti dengan pertumbuhan sektor ekonomi di daerah-daerah.

Karenanya, lanjut dia, DPD dalam usianya akan memasuki sepuluh tahun menurut Irman Gusman terus memperjuangan otonomisasi ekonomi daerah dengan cara mendorong pemerintah pusat memperbanyak transfer anggaran ke daerah.

"Menumpuknya pemiliki modal di Jakarta, indikasi bahwa ekonomi itu masih terpusat. Memasuki usianya yang ke sepuluh tahun, DPD hadir untuk mengurangi berbagai kesenjangan ekonomi yang terjadi, khususnya sektor ekonomi yang jadi tolak ukur bangsa," tegasnya.

Demikian juga halnya dengan keikutsertaan senator asal Sumatera Barat tersebut dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat. Irman melihat konvensi capres tersebut sebagai ajang menyuarakan aspirasi daerah dalam pertemuan yang digelar di sejumlah kota besar di Indonesia.

"Keikutsertaan saya dalam konvensi salah satunya saya pandang sebagai ajang penyampaian aspirasi daerah. Dengan begitu, soal kalah dan menang dalam konvensi, tidak jadi tolak ukur," tegasnya.

Khusus dengan Sumatera Barat, Irman Gusman mengingatkan bahwa  ekonominya lebih banyak berurusan dengan Singapore dan Kuala Lumpur.

PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengatakan otonomi daerah punya andil besar terhadap lahir, tumbuh, dan besarnya koran-koran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News