Ini Dia Penyebab Kanker Prostat

Ini Dia Penyebab Kanker Prostat
Ini Dia Penyebab Kanker Prostat

jpnn.com - Pada pria, kanker adalah pembunuh terbesar kedua mereka setelah penyakit jantung. Dan di Amerika, kanker prostat merupakan jenis kanker terbanyak kedua yang diidap para pria di sana. Ini artinya setiap pria tidak boleh menyepelekan penyakit ini.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini datang sekaligus menjaga kesehatan prostat adalah mengetahui faktor apa saja yang diam-diam bisa menyebabkan kanker pada organ ini.

1. Makanan kaleng dan struk belanja

"Keduanya mengandung komponen bisphenol-A (BPA), zat yang dapat memicu atau meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker prostat," kata peneliti Dr. Shuk-mei Ho, Ph.D., seperti dilansir laman Men's Health, Senin (17/3).

Dr. Ho menemukan sampel urine penderita kanker prostat, terutama yang usianya di bawah 65 tahun mengandung BPA 8 kali lebih banyak daripada urine pria yang sehat.

Dari situ ia berkesimpulan bisa jadi BPA itulah yang menyebabkan gangguan pada proses perkembangbiakan sel sehingga mengakibatkan kanker.

Perlu diingat, selain keduanya, BPA juga terkandung dalam banyak produk kemasan makanan yang terbuat dari plastik, seperti botol minum dan kotak makanan.

2. Alkohol

Pada pria, kanker adalah pembunuh terbesar kedua mereka setelah penyakit jantung. Dan di Amerika, kanker prostat merupakan jenis kanker terbanyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News