Ilmuwan Telusuri Sinyal Sisa Dentuman Asal Semesta

Ilmuwan Telusuri Sinyal Sisa Dentuman Asal Semesta
Ilmuwan Telusuri Sinyal Sisa Dentuman Asal Semesta

jpnn.com - LONDON - Para ilmuwan mengantongi bukti terbaru untuk mendukung teori dentuman besar 'big bang' tentang asal muasal alam semesta. Bukti baru yang disebut 'spektakuler' itu berupa sisa sinyal yang tertinggal di alam semesta sebagai akibat perluasan ruang angkasa secara sangat cepat.

Menurut laman BBC, kecepatan ekspansi itu diperkirakan hanya terjadi dalam hitungan mili detik saja setelah semuanya tercipta. Temuan ini bakal dikaji secara mendalam dan penemunya disebut-sebut sebagai calon penerima hadiah Nobel.

"Ini sangat luar biasa," kata Profesor Marc Kamionkowski dari Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat. "Saya sudah melihat penelitiannya, argumennya persuasif, dan para ilmuwan yang terlibat tercatat sebagai sebagian dari ilmuwan yang paling berhati-hati dan konservatif yang saya tahu.”

Terobosan ini diumumkan oleh tim ilmuwan Amerika Serikat yang bekerja dalam proyek BICEP2. Mereka menggunakan teropong besar di Kutub Utara guna melakukan pengamatan rinci terhadap bagian kecil langit. (esy/jpnn)

 


LONDON - Para ilmuwan mengantongi bukti terbaru untuk mendukung teori dentuman besar 'big bang' tentang asal muasal alam semesta. Bukti baru


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News