Penghematan Bandwidth dengan Multipolar Technology

Penghematan Bandwidth dengan Multipolar Technology
Penghematan Bandwidth dengan Multipolar Technology

jpnn.com - JAKARTA - Pengguna internet di Indonesia tak akan berhenti di angka 80 juta saja dan masih akan terus bertambah. Lonjakan pengguna otomatis akan membuat trafik internet dan konsumsi bandwidth internasional yang mahal terus bertambah.

Bagi operator telekomunikasi dan internet service provider (ISP), ini artinya dibutuhkan kapasitas bandwidth yang makin besar agar mampu melayani pelanggan yang semakin banyak untuk akses konten, internet yang cepat, dan download file dalam ukuran besar.

"Sementara biaya untuk menyediakan bandwidth tersebut tidaklah murah, dan di Indonesia cenderung masih tinggi," kata Yohan Gunawan, Division Head Infrastructure & Network Solution Multipolar Technology, di sela IndoTelko Forum, Balai Kartini, Jakarta, Selasa (18/3).

Oleh sebab itu, menurutnya, operator dan ISP harus memikirkan bagaimana caranya agar tidak semua akses pelanggan harus melalui bandwidth internasional, apalagi jika konten yang dituju juga pernah diakses oleh banyak pelanggan lainnya.

Salah satu solusinya, kata Yohan, adalah dengan melakukan cache untuk penyimpanan sementara dan selalu up-to-date terhadap konten-konten yang diakses oleh pelanggan.

Dengan demikian, saat pelanggan yang lain mengakses atau men-download konten yang sama, maka cukup dilayani oleh Cache System atau secara lokal, yang tentunya tidak perlu lagi lewat jalur link atau bandwidth internasional.

"Hasilnya, selain trafiknya lebih efisien, para pelanggan juga akan merasakan akses yang lebih cepat. Efisiensi penghematan bandwidth yang dicapai antara 30%-40%, tergantung besarnya jumlah pelanggan dan trafik yang lewat," lanjut Yohan.

Secara probabilitas, semakin banyak pelanggan maka kemungkinan akses konten yang sama akan semakin besar. Sehingga, penghematan bandwidth yang dicapai juga akan bertambah besar.

JAKARTA - Pengguna internet di Indonesia tak akan berhenti di angka 80 juta saja dan masih akan terus bertambah. Lonjakan pengguna otomatis akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News