Sumbar Diprediksi Dapil Terberat Bagi Caleg DPD

Sumbar Diprediksi Dapil Terberat Bagi Caleg DPD
Sumbar Diprediksi Dapil Terberat Bagi Caleg DPD

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer, M Qodari mengatakan pemilu legislatif untuk jadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan berlangsung sengit di daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar).

"Medan terberat pemilihan calon anggota DPD ada Sumatera Barat. Di kampung Pak Irman Gusman itu ada sejumlah calon anggota DPD lainnya. Yakni mantan pimpinan DPW Partai Nasdem DKI Jakarta dan mantan Ketua DPRD yang juga mantan Ketua DPD I Partai Golkar serta tokoh lokal lainnya ikut bertarung," kata M Qodari, di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (19/3).

Beratnya medan pemilihan caleg DPD di Sumbar lanjut M Qodari, mengakibatkan perang di antara kandidat dengan sendiri akan lebih berwarna di banding pertarungan di antara kader partai politik untuk caleg DPR, DPRD I dan DPRD II.

Selain itu, dia juga mempertanyakan semakin banyaknya peminat anggota DPD yang berasal dari kalangan partai politik. 

"Problemnnya nanti, kalau banyak kader partai di DPD, nanti mereka ini membela siapa? Misalnya Muqoam, apa nanti dia akan bela PPP atau DPD? Ini mesti diantisipasi oleh pimpinan DPD saat ini," ujar M Qodari.

Mestinya, kader partai politik yang ada di DPD bisa memperkuat DPD secara kelembagaan. "Jangan sebaliknya, malah mempersulit posisi para anggota DPD yang tidak berasal dari kader partai politik," harapnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer, M Qodari mengatakan pemilu legislatif untuk jadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan berlangsung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News