Pangdam Pastikan Oknum TNI Terlibat

Pangdam Pastikan Oknum TNI Terlibat
Pangdam Pastikan Oknum TNI Terlibat

jpnn.com - PADANG - Satu persatu pelaku pembakaran hutan di Riau yang menimbulkan bencana kabut asap di Sumatera, berhasil diamankan pemerintah. Tidak hanya "cukong" atau pemodal yang terlibat, tapi juga oknum anggota TNI.  

 

Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Istu Hari Subagio merilis keterlibatan oknum TNI Angkatan Darat dalam pembakaran dan pembalakan hutan di cagar biosfer Riau.

"Ya, salah seorang oknum TNI AD terlibat kasus pembalakan hutan dan pembakaran hutan Riau," tegas Jenderal Bintang Dua itu usai gelar pasukan pengamanan RI dua dalam kegiatan Common Post Exercise (CPX)/Field Training Exercise (FTX) Mentawai Megathrust Distater Relief Exercise (MM Direx) di Padang, kemarin.

Pangdam membeberkan, oknum tersebut berasal dari Kesatuan Kabimin Kepcab bernama Serma Sudigdo. Dia juga diduga pernah terlibat dalam kasus pembalakan liar hutan di Riau. "Saat ini dia sedang diproses, dan segera dipersidangkan," ujar Pangdam.

Ia menegaskan, selain sanksi disiplin, oknum ini juga diberikan sanksi pemecatan dari kesatuan karena telah melakukan pelanggaran berat serta terlibat tindakan melanggar hukum.

Lebih jauh disampaikannya, sebanyak 6.000 personel TNI dikerahkan mengatasi kabut asap Riau. Dan akan beroperasi 10 hari kedepan. "Alhamdulillah, sekarang Riau sudah zero titik api, dan asap semakin menipis," ujarnya.

Selain itu, pasukan TNI juga dikerahkan patroli ke lokasi-lokasi pembakaran lahan  guna mencegah dan mengantisipasi pembakaran lainnya. "Personel diwajibkan patroli ke lokasi pembakaran," tegasnya.

PADANG - Satu persatu pelaku pembakaran hutan di Riau yang menimbulkan bencana kabut asap di Sumatera, berhasil diamankan pemerintah. Tidak hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News