Hatta Klaim Lindungi Kekayaan Alam Indonesia

Hatta Klaim Lindungi Kekayaan Alam Indonesia
Hatta Klaim Lindungi Kekayaan Alam Indonesia

jpnn.com - KENDARI - Partai Amanat Nasional (PAN) bukan partai yang hanya sekadar jual janji. Sebaliknya, partai berlambang matahari ini menekankan kerja nyata yang selama ini telah dibuktikan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa di hadapan ribuan simpatisan PAN saat kampanye terbuka di Lapangan Eks MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra),  Minggu (23/3). Menurutnya, ada beberapa kerja nyata yang sudah dilakukan PAN selama lima tahun terakhir di pemerintahan. Misalnya, langkahnya sebagai Menko Perekonomian dalam mempertahankan kebijakan proteksi sistematis sumber daya alam.

“UU Minerba kita golkan dan bahan mentah tak lagi kita ekspor gelondongan”, tegas dia.

Kebijakan ini sangat strategis karena melindungi alam Indonesia dari penjarahan dan kerusakan. Meski begitu, hal ini merupakan kerja yang tidak mudah dilakukan karena banyak tekanan, khususnya dari perusahaan-perusahaan multinasional (MNC).

“Mereka tidak suka kebijakan yang saya dorong untuk memproteksi kekayaan alam kita dalam UU Minerba. Tapi saya tidak mundur selangkah pun. Lobi, manuver dan tekanan dari pihak-pihak tersebut saya anggap bagian dari perjuangan. Kita melangkah lurus ke depan”, tegas Hatta yang disambut tepuk tangan riuh massa.

Dan sikap “keras” Hatta dalam mengawal UU Minerba terus membuahkan hasil. Terakhir, Freeport McMoran yang sebelumnya keberatan dengan “proteksi” ala Hatta akhirnya mulai menerima dengan rencana pembangunan smelter.

“Jika kita melakukannya dengan niat lurus, saya yakin ada petunjuk dari Tuhan”, tutup Hatta. (rmo/boy/jpnn)

KENDARI - Partai Amanat Nasional (PAN) bukan partai yang hanya sekadar jual janji. Sebaliknya, partai berlambang matahari ini menekankan kerja nyata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News