Gempa 4,9 Skala Richter Guncang Rumania

Gempa 4,9 Skala Richter Guncang Rumania
Gempa 4,9 Skala Richter mengguncang wilayah Rumania. Getty Images

jpnn.com - BUCHAREST - Gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter menguncang Vrancea yang merupakan wilayah timur Rumania pada Sabtu (29/3) malam. Pergerakan kerak bumi ini terjadi pada kedalaman 150 km di Kabupaten Buzau.

Berdasarkan catatan National Institute for Earth Physics (INFP), gempa ini merupakan yang terbesar tahun ini. Sepanjang tahun 2014, Rumania telah dilanda lebih dari 50 gempa bumi yang terjadi di zona seismik Vrancea. Rata-rata gempa bumi yang melanda berukuran kurang dari 4 Skala Richter.

Laman Xinhua, Minggu (30/3) melansir, meskipun gempa ini dikategorikan yang terbesar, namun tak ada korban jiwa. Hanya getaran yang dirasakan warga di daerah sekitar lokasi gempa.

Zona seismik Vrancea , termasuk kabupaten Vrancea dan Buzau , adalah salah satu daerah seismik paling aktif di Eropa. Kedalaman gempa bumi 70 sampai 200 kilometer namun kekuatannya bisa mencapai 7,0-7,8 Skala Richter.

Pada 6 Oktober 2013, gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter mengguncang wilayah Vrancea. Sementara gempa berkekuatan di bawah 4 Skala Richter terjadi delapan kali pada tahun yang sama. .

Gempat terparah terjadi Maret 1977. Dengan kekuatan 7,6 Skala Richter, gempa tersebut menewaskan 1.600 orang di Rumania dan merusak 8.500 bangunan. (awa/jpnn)


BUCHAREST - Gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter menguncang Vrancea yang merupakan wilayah timur Rumania pada Sabtu (29/3) malam. Pergerakan kerak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News