44.288 WNI di Tawau akan Gunakan Hak Pilih

44.288 WNI di Tawau akan Gunakan Hak Pilih
44.288 WNI di Tawau akan Gunakan Hak Pilih

jpnn.com - TAWAU - Sebanyak 44.288 Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah kerja Konsulat RI di Tawau, Malaysia, akan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2014. Mereka tersebar di daerah Tawau, Kunak, Semporna, dan Lahad Datu. Dari 44.288 pemilih tersebut yang terdiri dari 28.829 laki-laki dan 15.459 perempuan.

"Mayoritas mereka WNI atau TKI yang bekerja di ladang-ladang perkebunan dan pabrik sawit," kata Kepala Konsulat RI Tawau, Muhammad Soleh melalui rilisnya kepada JPNN.com, Minggu (30/3).

Soleh mengatakan, pihak konsulat dan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) yang diketuai Rofi'i dan wakilnya Gabriel Nunang terus mematangkan persiapan demi suksesnya Pemilu 2014 di sana.

Untuk pemungutan suara dilaksanakan 6 April 2014. Tempatnya di  Kantor KRI Tawau yang beralamat di Batu 2,5 Jalan Sin Onn, Tawau, untuk WNI yang berdomisili di sekitar Kota Tawau sekitar 4.030 orang.

Untuk mereka yang bekerja di lokasi perladangan yang cukup terpencil menggunakan TPS mobile (drop box) yang akan diorganisir dan dikelola oleh petugas  yang beranggotakan perwakilan TKI dan para pengurus perusahaan mereka berada. Jumlahnya ada 33 titik.

"Pemilih yang tersebar di tempat perladangan dan pabrik sawit berjumlah sekitar 40.258 pemilih," kata Soleh lagi.

Kotak suara (drop box) didistribusikan oleh PPLN mulai Senin (31/3), dan pemungutan suara baru dilaksanakan sampai 6 April. "PPLN akan menarik surat suara dari ladang-ladang tersebut pada 7 April, dan akan disimpan di dalam ruangan yang diawasi dengan CCTV selama 24 jam di Kantor Konsulat RI Tawau," terangnya,

Penghitungan dilakukan secara nasional pada 9 April. PPLN Konsulat RI Tawau juga telah melakukan sosialisasi dan pertemuan teknis (technical meeting) tentang pelaksanaan Pemilu 2014 kepada para perwakilan perkebunan atau ladang dan WNI.

TAWAU - Sebanyak 44.288 Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah kerja Konsulat RI di Tawau, Malaysia, akan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News