Gaji Pendiri Facebook Juga Dipangkas

Gaji Pendiri Facebook Juga Dipangkas
Mark Zuckerberg. FOTO: getty images

jpnn.com - PENDIRI Facebook Mark Zuckerberg memutuskan untuk menjadi orang USD 1. Ya, tahun lalu, laki-laki yang masuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia itu hanya menerima gaji dari perusahaan yang didirikannya USD 1 pertahun. Jika dirupiahkan, gaji Zuckerberg hanya Rp sekitar Rp 11 ribu. 

Data bocoran gaji Zuckerberg itu berasal bocoran dokumen di pasar modal kemarin, (31/3). 

Tentu saja gaji superkecil itu hanya sebagai gerakan simbolis saja. Sebelumnya para CEO di kawasan Sillicon Valley sudah melakukan gerakan USD 1. Menurut Bloomberg, pendiri Apple Steve Jobs adalah orang yang mempopulerkan praktek tersebut. 

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin juga ikut dalam gerakan ini. Tapi, meski hanya di gaji USD 1, mereka bisa dipastikan masih tetap kaya raya. Sebab, Zuckerberg dan para pendiri Google itu masih memiliki saham yang sangat besar dari perusahan mereka yang maju pesat. 

Kekayaan yang dimiliki Zuckerberg diperkirakan mencapai USD 27 miliar atau setara dengan Rp 305 triliun.  

Nah, selain bocoran soal gaji Zuckerberg, data tersebut menyebut bahwa pada tahun 2013, pemuda kelahiran 14 May 1984 itu mendapat kompensasi dari perjalanan dinasnya menggunakan jet pribadi sebesar USD 653 ribu. Nilai tersebut turun dari tahun 2012 dimana saat itu dia mendapat USD 1,9 juta. (mas/jpnn) 


PENDIRI Facebook Mark Zuckerberg memutuskan untuk menjadi orang USD 1. Ya, tahun lalu, laki-laki yang masuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News