NASA Putuskan Hubungan dengan Rusia

NASA Putuskan Hubungan dengan Rusia
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - PASADENA - Memanasnya hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat karena konflik Ukraina ternyata berdampak pada kerja sama kedua negara itu di bidang ruang angkasa. Hari ini badan antariksa AS (NASA) mengumumkan memutus hubungan dengan badan ruang angkasa Rusia karena konflik tersebut.

NASA juga menangguhkan beberapa kontrak program ruang angkasa dengan Rusia. Tapi NASA akan tetap bekerja sama dengan negara Asia lainnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Pelanggaran terhadap kedaulatan Ukraina dan integritas teritorialnya membuat kita tidak punya pilihan selain untuk menangguhkan kontrak dengan pemerintah Rusia," ujar  Michael O'Brien, administrator asosiasi NASA untuk hubungan Internasional seperti dilansir redorbit, Rabu (2/4).

Pemutusan hubungan itu juga termasuk semua aktivitas perjalanan ke Rusia , teleconference dan kunjungan oleh pejabat pemerintah Rusia ke fasilitas NASA. Selain itu kerja sama dalam dunia cyber, dan semua komunikasi internet juga diputus.

"Ini adalah salah satu tindakan besar pertama dari pemerintah AS dan itu sama halnya menghentikan kolaborasi ilmu pengetahuan dan teknologi," sambungnya.

Meski belum diketahui seberapa serius keputusan itu, yang jelas selama ini AS dan Rusia bekerja sama sangat erat terkait penelitian dan kegiatan eksplorasi ruang angkasa. Jika suspensi diperpanjang bisa memiliki dampak yang signifikan bagi masa depan misi luar angkasa ke ISS karena AS sangat bergantung pada kemampuan roket Rusia untuk astronotnya dan itu bisa merugikan program ruang angkasa Amerika sendiri. (esy/jpnn)


PASADENA - Memanasnya hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat karena konflik Ukraina ternyata berdampak pada kerja sama kedua negara itu di bidang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News