Giliran Mastel ‎Apresiasi Langkah Indosat

Giliran Mastel ‎Apresiasi Langkah Indosat
Giliran Mastel ‎Apresiasi Langkah Indosat

jpnn.com - JAKARTA - Giliran Masyarakat Telekomunikasi (Mastel) yang mengapresiasi upaya Indosat dalam melakukan recovery dari gangguan jaringan beberapa waktu lalu.

Executive Director Mastel, Eddy Thoyib, mengatakan, dengan kerja keras Indosat mengatasi gangguan, maka layanan bisa kembali normal.

“Upaya Indosat yang sigap dan telah bekerja keras mengatasi masalah jaringan internet ini sehingga bisa mengembalikan layanan seperti semula, patut diapresiasi. Mastel memberikan acungan jempol kepada Indosat,” ujar Eddy Thoyib, Executive Director Mastel.

Meski Indosat cukup lama memperbaiki gangguan tersebut, Eddy melihat kerja keras yang ditunjukkan Indosat. “Kerja keras Indosat ini terbilang luar biasa. Karena itu, Mastel memberikan apresiasi,” ujarnya.‎

Eddy juga tidak sependapat jika ada yang menganggap gangguan internet ini karena Indosat sudah membajak 415.652 prefix internet sebagaimana dilansir firma internet BGP Monitoring.

“Itu jelas tidak benar dan menyesatkan bagi masyarakat. Kalau pun dijelaskan, tentu sangat teknis sekali. Yang lebih penting, Indosat telah memperbaiki dan mengembalikan layanan seperti semula,” ujarnya.
 
Sementara itu, Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono juga memaparkan bahwa tidak ada pembajakan Internet Protocol (IP). Dalam kasus Indosat adalah murni kesalahan teknis karena human error. Nonot menjelaskan sistematika tentang IP dan berlangsungnya kegiatan internet melalui routing dengan banyak jalur.

“Kalau salah nomor itu kan mesti salah belok, kalau salah belok kan pasti tabrakan. Itu yang dibilang membajak,” tegas Nonot saat dihubungi Sabtu (5/4).

Yang pasti kata Nonot, ketika terjadinya masalah ini, jaringan Indosat sedang down. Ini juga sering dialami oleh operator telekomunikasi lainnya. “Jaringan down itu boleh saja. Yang tidak boleh itu jaringan yang sering down karena ini berkaitan dengan komitmen operator yang harus menjaga kinerja jaringan  dan koneksi bisa tersambung dengan baik,” katanya.

JAKARTA - Giliran Masyarakat Telekomunikasi (Mastel) yang mengapresiasi upaya Indosat dalam melakukan recovery dari gangguan jaringan beberapa waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News