Jokowi - Mahfud MD Urutan Teratas Pilihan Santri

Jokowi - Mahfud MD Urutan Teratas Pilihan Santri
Jokowi - Mahfud MD Urutan Teratas Pilihan Santri

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei Center for Survey Research and Data Analysis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, Jawa Tengah, memerlihatkan mayoritas responden yang berasal dari kelompok santri memilih pasangan Joko Widodo sebagai kandidat calon Presiden dan Mahfud MD sebagai kandidat calon wakil Presiden terfavorit.

Informasi ini diketahui setelah Lembaga Pengembangan Pendidikan Pesantren Indonesia (LP3I), menjadikan hasil survei tersebut sebagai referensi dalam diskusi 'Capres atau Cawapres Pilihan Santri' yang digelar di Hotel Acacia, Jakarta, Senin (7/4).

“Dalam skenario Jokowi (Joko Widodo) sebagai capres, figur yang paling cocok mendampingi sebagai cawapres adalah Mahfud MD. Karena Mahfud dinilai paling dikenal di kalangan santri maupun kiai," ujar peneliti STAIN Salatiga, Munajat.

Menurutnya, survei telah dilaksanakan pada Januari sampai Februari 2014 di Pulau Jawa dengan responden berjumlah 583 orang yang merupakan para santri, kyai dan ustadz dari berbagai pondok pesantren.

Survei dilakukan untuk melihat kepopuleran tokoh-tokoh kandidat capres secara perseorangan dan kepopuleran jika berpasangan sebagai capres dan cawapres.

Secara perseorangan kata Munajat, hasil survei memerlihatkan mayoritas responden memilih Mahfud MD sebagai capres terfavorit dengan meraih 10,0 persen suara. Kemudian berturut-turut Jokowi 10,2 persen, Dahlan Iskan (4,1 persen), Raja dangdut Rhoma Irama (2,7 persen), Suryadharma Ali, Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto (masing-masing 1,2 persen).

"Selanjutnya ada Wiranto (0,7 persen), Megawati (0,5 persen), Hatta Rajasa (0,4 persen), Anis Matta (0,4 persen), Surya Paloh (0,2 persen), Golput (1,6 persen), lainnya (3,7 persen) dan angka terbesar ada pada swing voter (61 persen)," ujarnya.

Sementara itu dari simulasi pasangan capres-cawapres, hasil survei kata Munajat, memerlihatkan pasangan Jokowi-Mahfud MD meraih nilai korelasi teratas dari bilangan 0-1.

JAKARTA - Hasil survei Center for Survey Research and Data Analysis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, Jawa Tengah, memerlihatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News