Ini Alasan Warna Pesawat Kepresidenan Mirip Warna Partai

Ini Alasan Warna Pesawat Kepresidenan Mirip Warna Partai
Pesawat Kepresidenan RI Boeing Business Jet 2 (BBJ-2) dirancang khusus untuk mendukung kinerja presiden baik di dalam maupun luar negeri. Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pesawat Kepresidenan RI yang didominasi warna biru muda mengundang tanya sebagian publik. Pasalnya, warna itu identik dengan warna logo Partai Demokrat, yang juga partai dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menjawab hal itu, Mensesneg Sudi Silalahi mengaku tak ada hubungan warna biru pesawat itu dengan hal lainnya. Warna biru, ungkapnya, justru untuk pengamanan pesawat.

"Itu karena saran ada seorang mayor designer AU Lalu untuk security penerbangan, warna kamulflasenya," ujar Sudi di Baseops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis, (10/4).

Sudi menyatakan tak ada arahan khusus terkait warna pesawat itu. Termasuk dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Apalagi, proyek pengadaan pesawat itu, ungkapnya, berasal dari Kementerian Sekretariat Negara bukan dari Kepresidenan. Sudi menyatakan ada 14 warna alternatif saat perencanaan pembelian pesawat itu. Ia juga menunjukkan alternatif warna itu kepada 14 pejabat untuk menentukannya.

"Warna saya kira bukan presiden yang menentukan, dan kenapa mesti mempermasalahkan. Ada 14 alternatif warna waktu itu. Saya undang beberapa pejabat semacam pendapat. Lebih dari separuh memilih warna ini. Kebetulan yang operasikan AU, warnanya mirip toh," ujar tegas Sudi.

Menurut Sudi, TNI AU dan Garuda mendapat tugas untuk menyimpan, merawat dan mengoperasikan pesawat kepresidenan tersebut. Dia pun meminta kepada dua pihak itu agar memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pesawat kepresidenan.

"Saya minta, agar dapat menunaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Pastikan pemeliharaan dan perawatan berkala yang terbaik dan berstandar internasional," tandas Sudi. (flo/jpnn)

JAKARTA - Pesawat Kepresidenan RI yang didominasi warna biru muda mengundang tanya sebagian publik. Pasalnya, warna itu identik dengan warna logo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News