Keliling Dunia Nonstop dengan Pesawat Tenaga Surya

Keliling Dunia Nonstop dengan Pesawat Tenaga Surya
Pesawat Solar Impulse 2 yang siap mengelilingi dunia nonstop. Foto: goodcleantech.

SWISS - Seorang pilot Swiss, Bertrand Piccard, bakal melakukan penerbangan bersejarah keliling dunia dengan menggunakan pesawat bertenaga surya pertama kalinya.
 
Pesawat Solar Impulse 2 itu akan memulai penerbangan percobaan Mei mendatang sebagai persiapan penerbangan mengelilingi dunia 2015 mendatang.

Solar Impulse 2 memiliki lebar sayap 72 meter, sama dengan pesawat penumpang jumbo, dilengkapi 17.200 sel surya. Dengan tenaga motor listrik dari matahari pada siang hari yang mendorong empat baling-baling untuk memberikan dorongan. Sedangkan di malam hari semuanya tergantung pada kinerja baterai untuk menjaga pesawat tetap mengudara.

Menurut irishtimes, karena tidak perlu tanki bahan bakar, pesawat ini hanya memiliki bobot  2,3 ton, sangat ringan dibandingkan pesawat jet seukurannya.

Banyak teknologi canggih yang dibenamkan dalam Solar Impulse 2, khususnya dari sponsor utama Swiss ABB dan Bayer. Teknologi itu misalnya untuk mengatasi suhu yang dapat berfluktuasi dari minus 40 pada malam hari hingga 40 derajat di siang hari.

Bertrand Piccard sendiri sebelumnya pernah menjadi pilot ketika mengendarai balon udara yang mengelilingi dunia non -stop pertama kalinya. Dia bakal didampingi André Borschberg seorang petualang dan pengusaha asal Swiss .

Rencana mengelilingi Bumi akan berlangsung mulai 20 Maret 2015. Andre memperkirakan perjalanan ini bakal memakan waktu lima hari dan lima malam untuk mengelilingi dunia.(esy/jpnn)


SWISS - Seorang pilot Swiss, Bertrand Piccard, bakal melakukan penerbangan bersejarah keliling dunia dengan menggunakan pesawat bertenaga surya pertama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News