Dapat Penghargaan, Hatta Rajasa Terharu

Dapat Penghargaan, Hatta Rajasa Terharu
Dapat Penghargaan, Hatta Rajasa Terharu

jpnn.com - JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa terharu mendapat penghargaan dari Indonesian National Shipowners Association (INSA). Penghargaan itu diberikan karena Hatta dinilai berkontribusi besar dalam menyukseskan asas cabotage di Indonesia.

Padahal, kata Hatta, apa yang dilakukannya sejak 2005 lalu semata-mata untuk mendorong tumbuhkembangnya perusahaan nasional. "Saya terharu dan terima kasih pada INSA atas penghargaan ini," kata Hatta saat menerima penghargaan di Hotel Kempenski, Jakarta, Kamis (10/4) malam.

Hatta mengaku, komitmen terhadap pelaksanaan asas cabotate ini sangat jelas. Sewaktu menjabat sebagai Menteri Perhubungan, Hatta telah berusaha meningkatkan efisiensi pelayanan jasa kepelabuhan.

Hal ini kemudian melahirkan kebijakan pelaksanaan azas cabotage dalam Inpres 5 tahun 2005, yang ditegaskan kembali dalam UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Kata Hatta, aapa yang ia lakukan tersebut belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan yang dilakukan proklamator kemerdekaan Soekarno Hatta.

"Saya tidak seberapa hebat jika dibandingkan dengan apa yang dilakukan oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan para penyusun UUD 1945, yang memuat ketentuan konstitusi yang tegas. Bahwa kekayaan alam yang terkandung di darat, air, dan udara dikuasai oleh negara,” papar dia.

Hatta juga berterimakasih kepada Perdana Menteri Juanda yang pada tahun 1957 mendeklarasikan Indonesia sebagai Negara Kepulauan. Selain itu, Hatta juga berterimakasih kepada  tokoh pejuang wawasan nusantara, seperti Muchtar Kusumaatmadja, Hasyim Jalal, Wisnu Murti.

"Kontribusi mereka sangat nyata. Mereka yang telah meletakkan dasar kewenangan dan tanggung jawab kita, dan menyadarkan kita untuk membangun perekonomian Indonesia sebagai negeri bahari, negara kepulauan terbesar di dunia," pungkas Hatta. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa terharu mendapat penghargaan dari Indonesian National Shipowners Association (INSA). Penghargaan itu diberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News