Punya Kartu JKN Ditolak RS? Lapor ke sini

Punya Kartu JKN Ditolak RS? Lapor ke sini
Punya Kartu JKN Ditolak RS? Lapor ke sini

jpnn.com - JAKARTA - Tak sedikit masyarakat yang mengeluh susahnya mendapat pelayanan kesehatan meski sudah memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)/BPJS Kesehatan. Mereka kerap ditolak atau tak dilayani oleh rumah sakit.

Menanggapi hal itu, Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Fajriadinur mengaku telah membuka unit pengaduan peserta JKN/BPJS Kesehatan.

"Kami sudah membuka unit pengaduan peserta, yang bisa diakses melalui website kami di http://bpjs-kesehatan.go.id. Nanti cari kolom pengaduan di situ," papar Fajri saat diskusi bertema 'Evaluasi 100 hari JKN/BPJS' di Galery Cafe, Cikini, Jakarta, Jumat (11/4).

Atau bila ingin lebih cepat, peserta JKN yang kecewa terhadap pelayanan bisa menghubungi call center pengaduan BPJS Kesehatan di nomor 500 400. Namun Fajri mengingatkan agar pengaduan itu cepat direspon, sebaiknya dilengkapi dengan data-data lengkap. Seperti kronologis kejadian, tempat rumah sakit dan nama doktor yang melayani.

"Atau bisa juga peserta mengadu ke Kementerian Kesehatan. Pengaduan biasanya kita tindak lanjuti dalam 3 X 24 jam, tetapi tentunya ada yang bisa lansung direspon hari itu juga dan selesai, tapi ada yang harus ditindaklanjut lebih jauh. Itu tergantung peserta JKN memberikan data lengkap," serunya.

Di samping itu, pihaknya juga telah membentuk tim kendali mutu yang bertugas mengecek di rumah sakit maupun di klinik.

"Kita membentuk tim kendali mutu, tugasknya macam-macam. Mengecek obat-obat apakah sudah cukup atau kurang, juga menilai apakah apoteker di rumah sakit itu tanggap dan sebagainya," tukas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Tak sedikit masyarakat yang mengeluh susahnya mendapat pelayanan kesehatan meski sudah memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)/BPJS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News