Mei 2015, Natuna Bakal Punya Bandara Sipil

Bisa Jadi Tempat Transit Penerbangan ke Vietnam

Mei 2015, Natuna Bakal Punya Bandara Sipil
Mei 2015, Natuna Bakal Punya Bandara Sipil

jpnn.com - NATUNA  - Bandara sipil Ranai, Kabupaten Natuna di Kepulauan Riau akan ditargetkan bakal diresmikan dan mulai beroperasi Mei 2015 mendatang. Selain melayani penerbangan domestik, bandara ini juga menjadi tempat transit penerbangan ke Vietnam.

“Jarak Natuna-Vietnam kan dekat,” kata Sapta Nugraha, Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dinas Perhubungan Natuna seperti dilansir batampos.co.id.

Saat ini, pembangunan bandara yang letaknya bersebelahan dengan Pangkalan Udara (Lanud) Ranai itu terus digesa dan ditargetkan rampung awal Mei 2015. Bandara yang memiliki panjang landasan pacu 2,5 kilometer dan lebar 30 meter itu nantinya akan melayani penerbangan domestik seperti  Natuna-Batam, Natuna-Tanjungpinang, dan Natuna-Pontianak.

“Itu rute-rute regulernya. Nanti bisa ditambah,” sambung Sapta.

Saat ini, kata Sapta, penerbangan reguler ke Natuna baru dilayani Wings Air setelah beberapa waktu lalu Sky Aviation menghentikan operasional penerbangan ke kabupaten kepulauan di Laut China Selatan itu.  Untuk penerbagan komersil dari dan ke Natuna, saat ini memang masih menumpang di Lanud TNI AU Ranai.

Namun, Pemkab Natuna sudah menawarkan ke sejumlah maskapai penerbangan untuk melayani penerbangan ke Natuna. Di antaranya ke Garuda Airlines, Sriwijaya Air, dan Trigana Air.

“Kami sudah menyurati tiga maskapai untuk dapat melayani Natuna. Mudah-mudahan dengan adanya bandara baru nanti, ketiga maskapai itu mau. Karena keamanan dan keselamatan bandara sudah memenuhi standar internasional,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan banyaknya maskapai yang melayani Natuna diharapkan akan menekan harga tiket pesawat. Sebab, saat ini harga tiket pesawat dari dan ke Natuna masih sangat tinggi dan berada di atas batas maksimal nasional.

NATUNA  - Bandara sipil Ranai, Kabupaten Natuna di Kepulauan Riau akan ditargetkan bakal diresmikan dan mulai beroperasi Mei 2015 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News