Kepulauan Solomon Diguncang Gempa 7,6 Skala Richter

Kepulauan Solomon Diguncang Gempa 7,6 Skala Richter
Kepulauan Solomon Diguncang Gempa 7,6 Skala Richter

jpnn.com - GEMPA bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter melanda Kepulauan Solomon, Minggu pagi (13/4). Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC), awalnya peringatan tsunami telah dikeluarkan di Kepulauan Solomon, Papua Nugini dan Vanuatu.

Namun peringatan tersebut segera dibatalkan setelah aktivitas gelombang tsunami yang terjadi sangat kecil, hanya beberapa sentimeter.

PTWC menjelaskan, gempa itu berpusat 100 kilometer dari wilayah Kira Kira di Pulau Makira, dan pada kedalaman 29 kilometer. Meski guncangan gempa cukup besar, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

"Sejauh ini kami belum menerima laporan kerusakan. Orang-orang merespon peringatan (tsunami) dengan baik. Mereka semua segera naik bukit dan menunggu peringatan selanjutnya," kata seorang polisi di Kira Kira, Taylor Constable Fugo, seperti dilansir Reuters hari ini.

Kepulauan Solomon ini memang terletak di wilayah yang disebut "Pasifik Ring of Fire", zona seismik aktif di mana tempat lempengan berbeda di kerak Bumi bertemu dan menciptakan sejumlah gempa dan letusan gunung berapi.

Pada 2013 lalu, sebuah gempa berkekuatan 8 Skala Richter yang mengguncang daerah yang sama telah menghasilkan tsunami lokal yang menewaskan sedikitnya lima orang.(wid)


GEMPA bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter melanda Kepulauan Solomon, Minggu pagi (13/4). Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC), awalnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News