Bupati Mangkir dari Pemanggilan Panwaslu

Bupati Mangkir dari Pemanggilan Panwaslu
Bupati Mangkir dari Pemanggilan Panwaslu

jpnn.com - ANDOOLO - Agenda pemeriksaan Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Imran dan Wakil Ketua DPRD  Irham Kalenggo di Panwaslu Konsel yang di gelar Minggu (13/4) hanya di hadiri Irham Kalenggo sementara Bupati Konsel Imran tidak hadir dalam agenda pemeriksaan tersebut.

Ketua Panwaslu Kabupaten Konsel, Nurdin Karim yang di temui wartawan mengungkapkan bahwa agenda pemeriksaan yang dilakukan meminta keterangan Bupati dan Wakil Ketua DPRD Konsel sesuai surat panggilan yang dilayangkan pada 12 April. Tetapi yang hadir hanya Wakil Ketua DPRD Irham Kalenggo sedangkan Bupati Imran tak hadir memenuhi panggilan tersebut dengan alasan beliau tidak berada ditempat.  

"Kami akan kembali melayangkan surat panggilan yang kedua kalinya kepada Imran karena sesuai agenda kami. Selasa kami akan segera gelar kasus bersama Gabungan Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu)," jelas Nurdin seperti yang dilansir Kendari News (JPNN Group).

Imran dan Irham Kalenggo diperiksa atas dugaan pelanggaran Pemilu yang di lakukan dalam acara penyerahan Motor  dinas seluruh Kepala Desa/356 desa se-Konsel yang di helat tanggal 4-5 April  di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konsel  beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Direktur Pusat Kajian dan Advokasi Hak Asasi Manusia (PUSPAHAM) Sultra, Saifin, mengapresiasi sikap kooperatif Wakil Ketua DPRD Konsel yang langsung menghadiri panggilan Panwaslu.
Saifin juga menghimbau bagi Bupati yang tidak memenuhi panggilan dengan alasan sedang berada di luar kota, untuk segera menghadiri panggilan tersebut. Apalagi beliau sebagai pejabat publik harusnya memberi teladan yang baik kepada rakyatnya.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Kendari ini memberi warning kepada Panwaslu Konsel agar tidak bermain-main dalam menangani kasus ini, karena baik Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu RI sudah mengetahui posisi kasus ini.

"Kami menghimbau panwaslu konsel untuk bekerja profesional, mandiri, dan independen, panwaslu jangan mau di intervensi atau seperti 'macan ompong'," tukas Saifin. (ika/jpnn)


ANDOOLO - Agenda pemeriksaan Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Imran dan Wakil Ketua DPRD  Irham Kalenggo di Panwaslu Konsel yang di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News