Nyelam 6 Jam Cari MH370, Kapal Selam Mini Muncul ke Permukaan

Nyelam 6 Jam Cari MH370, Kapal Selam Mini Muncul ke Permukaan
Bluefin-21. FOTO: getty images

jpnn.com - KAPAL selam mini tanpa awak Bluefin-21 yang ditugaskan untuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia akhirnya kembali kepermukaan. Dia ditarik kembali setelah melakukan pencarian selama enam jam di bawah laut. Selain itu, kapal buatan AS tersebut ditarik ke atas lantaran pencarian sudah lebih dari batas operasinya. 

Kapal selam itu dikerahkan ke dalam laut pada Senin (14/4) waktu Australia. Kala itu dia diturunkan dari kapal Australia Ocean Shield. 

"Setelah menyelesaikan misinya selama enam jam, Bluefin-21 ditarik demi alasan keamanan," kata Pemimpin Joint Agency Coordination Centre (JACC) Angus Houston seperti dilansir CNN. 

Menurut JACC, batas kedalaman Bluefin-21 adalah 30 meter dari permukaan laut. Namun, teknologi sonar yang ada di Bluefin-21 bisa mendeteksi data hingga 4.500 meter. Nah, kini, data-data yang diambil Bluefin-21 selama enam jam di bawah laut sedang diteliti lebih lanjut. Menurut otoritas setempat, membutuhkan waktu sekitar 16 jam untuk mengumpulkan data tersebut. 

Sementara itu, Kapten Angkatan Laut AS Mark Matthews mengatakan, Bluefin-21 akan kembali ke permukaan secara otomatis jika bergerak melebihi batas operasinya. "Ada kriteria pembatalan tertentu yang dilakukan kapal tersebut saat menjalankan misinya secara otomatis," ujar Matthews. (mas/jpnn)   

KAPAL selam mini tanpa awak Bluefin-21 yang ditugaskan untuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia akhirnya kembali kepermukaan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News