PDIP Mulai Yakin Bisa Usung Capres Sendiri

PDIP Mulai Yakin Bisa Usung Capres Sendiri
PDIP Mulai Yakin Bisa Usung Capres Sendiri

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar rapat koordinasi pemilu legislatif (pileg) 2014. Rapat itu digelar di kediaman pribadi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/4).

 

Rapat dihadiri pengurus DPP dan DPD dari 34 Provinsi. Turut hadir delapan gubernur dan dua wakil gubernur yang merupakan kader PDIP.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif (BP Pileg) PDIP Puan Maharani mengatakan, partainya berkomitmen merapatkan barisan untuk mengawal kemenangan yang telah diraih di pemilu legislatif. Untuk itu, Megawati ingin mendengar masukan dari kader-kader di daerah. "Dan tentu saja kira-kira dinamika apa yang akan terjadi di wilayah, yang mereka harus kawal sampai dengan pilpres 9 Juli mendatang," kata Puan kepada wartawan usai rapat.

Menurut Puan, bukan tidak mungkin saat perhitungan terakhir oleh KPU nanti jumlah suara PDIP lebih besar dari yang diperkirakan. Karenanya, proses penghitungan yang saat ini masih berjalan harus dikawal ketat.

Puan juga mengakui bahwa hingga kini PDIP masih berharap dapat mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sendiri. Harapan tersebut dinilai tidak muluk-muluk mengingat PDIP hanya butuh sedikit kursi lagi untuk memenuhi 20 persen kursi DPR yang menjadi syarat untuk mencalonkan presiden.

"Insya Allah kami optimis bahwa sebagai pemenang pemilu legislatif tahun 2014 kekurangan suara yang hanya sedikit bahwa kami bisa mengusung capres-cawapres PDIP dan tentu saja kami berharap pasangan ini akan dipilih oleh rakyat menjadi RI1-RI2," ucap putri kandung Megawati ini.

Masih lanjut Puan, meskipun akhirnya harus berkoalisi dalam pilpres, kewenangan menentukan pasangan capres dan cawapres tetap ada di tangan PDIP. Alasannya, suara PDIP merupakan yang terbanyak dalam pileg 2014.

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar rapat koordinasi pemilu legislatif (pileg) 2014. Rapat itu digelar di kediaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News