Jokowi Berpotensi Dongkel Megawati

Jokowi Berpotensi Dongkel Megawati
Jokowi Berpotensi Dongkel Megawati

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna, menyatakan bahwa akan ada perubahan pada pucuk pimpinan di berbagai partai politik usai pemilu presiden (pilpres) nanti. Sebab, 2014 yang disebut sebagai tahun politik merupakan pertaruhan bagi kepemimpinan para ketua umum partai.

Menurut Budyatna, perubahan yang akan mencolok terjadi adalah pada PDI Perjuangan. Sebab, calon presiden (capres) PDIP, Joko Widodo punya potensi menggeser posisi Megawati Soekarnoputri yang kini memimpin partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

"Baik kalah ataupun menang, posisi Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP akan tergeser oleh para pendukung Jokowi. Bahkan akan ada upaya untuk menjadikan Jokowi sebagai ketua umum,” ujar Budyatna kepada wartawan, Selasa (15/4).

Menurutnya, kalaupun Jokowi gagal memenangi pilpres maka lagi-lagi yang akan disalahkan adalah mesin partai. Artinya, hal itu sama saja menyalahkan putri Megawati, Puan Maharani yang memimpin Badan Pemenangan Pemilu PDIP.

“Jokowi akan kembali menyalahkan Puan dan juga Megawati yang tidak bekerja maksimal untuk memenangkan dirinya," sebutnya.

Meski demikian Budyatna juga melihat PDIP memang setengah hati mengusung Jokowi.  ”Penetapannya bukan Megawati yang mengumumkan. Waktunya juga mepet dengan pileg. Megawati terpaksa melepas posisi capres kepada Jokowi karena memang elektabilitas dan popularitasnya kalah dengan capres dari partai lain seperti Ical dan Prabowo,” ujar Budyatna.(fat/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna, menyatakan bahwa akan ada perubahan pada pucuk pimpinan di berbagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News