JK: Perlu Banyak Bank Mendekati Masjid

JK: Perlu Banyak Bank Mendekati Masjid
JK: Perlu Banyak Bank Mendekati Masjid

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M. Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK merinci jumlah masjid dan masala di seluruh Indonesia ada sekitar 800 ribu unit.

"Jadi di setiap 250 orang (umat Islam) ada satu tempat ibadah," kata JK saat menghadiri Silaturahim Ketua Umum Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Jakarta Timur di Masjid Raya Al-Azhar Jaktim, Rabu (16/4).

"Jadi harus bisa dimakmurkan dan memakmurkan," tambahnya.

Menurut JK, ada dua hal kebaikan yang dilakukan di dalam masjid, yaitu untuk dunia dan akhirat.

"Di setiap doa, selalu dipanjatkan rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina azabannar. Untuk mendapatkan kebaikan di akhirat, harus baik terlebih dahulu di dunia," seru JK.

JK yang mengenakan kopiah hitam pun mengingatkan pentingnya gerakan untuk kebaikan dunia dan akhirat terus di dorong di lingkungan masjid. Yakni dengan cara menjadikan masjid sebagai pusat peribadatan, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Pusat ekonomi dimaksud salah satunya adalah memperbanyak muzaki atau jumlah orang yang membayar zakat. Pengelolaan zakat, ia menyarankan sebaiknya diserahkan pada bank (syariah) yang berpengalaman mengelola dana.

"Jadi perlu lebih banyak bank lagi yang mendekat (bekerja sama) dengan masjid," katanya.

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M. Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK merinci jumlah masjid dan masala di seluruh Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News