Tiga Kursi DPR di Jateng VIII Milik PDIP

Tiga Kursi DPR di Jateng VIII Milik PDIP
Tiga Kursi DPR di Jateng VIII Milik PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Analis dan Strategi Kampanye Politik dari Point Indonesia, Dominicus Alvin merilis prediksi perolehan kursi untuk calon legislatif DPR-RI 2014 Dapil Jawa Tengah VIII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap.

Prediksi berdasarkan pengamatan data dan pemantauan langsung di lapangan. Serta melalui jumlah logistik dan distribusi atribut pada masa kampanye hingga perhitungan cepat yang dilakukan tim Point Indonesia, pasca 9 April 2014 di 27 Kecamatan Banyumas dan 24 Kecamatan Cilacap.

Hasilnya Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini (PDI Perjuangan) berhasil mengunci 3 kursi untuk DPR-RI dari jumlah 8 kursi yang diperebutkan. Perolehan maksimal tersebut tak terlepas dari sejarah di Jateng VIII yang merupakan basis Partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Prediksi kami PDI P mengunci 3 kursi DPR-RI. Ada nama Budiman Sudjatmiko, Adisatrya Suryo Sulisto selaku Incumbent 2009 (Petahana) dan pendatang baru Wityasmoro Sih Handayanto," ungkap Alvin kepada media, Rabu (16/4).

Selanjutnya, Partai besutan Prabowo (Gerindra) yang diprediksi menjadi kompetitor PDI Perjuangan hanya memperoleh 1 kursi. Begitu pun Partai Golkar yang tetap meraih 1 kursi saja. Dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menyumbangkan 1 kursi pada pileg 2014.

"Untuk Partai Gerindra dan PKB diisi oleh nama baru yakni Novita Wijayanti dan Ahmad Iman. Sedangkan kursi Golkar tetap diisi oleh Dito Ganinduto (Petahana). Caleg Golkar lainnya, menantu dari Aburizal Bakrie (ARB), Taufan Nugroho Rotorasiko belum mampu meraih suara yang signifikan," paparnya.

Sedangkan 2 kursi sisa masih diperebutkan dari masing-masing Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat. Perolehan suara dari PAN bersaing ketat antara caleg nomor urut 1 dengan nomor urut 4. Dan dari Partai Demokrat, bersaing antara caleg nomor urut 1 dengan caleg nomor urut 2.

"Perkiraan kami 1 kursi PAN diisi oleh Muhammad Hanafi atau Ammy Amalia Fatma Surya yang hingga kini perolehan suaranya masih saling mengejar. Adapun dari Partai Demokrat persaingan terjadi antara Fardan Fauzan dengan Khatibul Umam Wiranu," jelasnya.

JAKARTA - Analis dan Strategi Kampanye Politik dari Point Indonesia, Dominicus Alvin merilis prediksi perolehan kursi untuk calon legislatif DPR-RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News