Tonjolan Mengkilap Diduga Satelit Baru Saturnus

Tonjolan Mengkilap Diduga Satelit Baru Saturnus
Tonjolan Mengkilap Diduga Satelit Baru Saturnus

jpnn.com - NEWYORK--Hasil observasi pesawat antariksa NASA Cassini dalam orbitnya di sekitar Saturnus, memunculkan dugaan adanya bulan kecil di planet tersebut.

Cassini sebelumnya  mengirim sebuah foto tonjolan yang mengkilap di pinggiran salah satu cincin terluar planet tersebut.

Pencinta astronomi di seluruh dunia berharap foto yang baru dirilis dari jarak sangat jauh dari sistim tata surya kita adalah foto bulan baru yang belum pernah dilihat sebelumnya dan sementara ini disebut Peggy.

Menurut laman latimes, fitur misterius tersebut sekitar 20 persen lebih mengkilap dibandingkan materi di sekitarnya. Diperkirakan memiliki panjang 1.200 kilometer dan lebarnya 10 kilometer.

Meski senang dengan kemungkinan mempelajari proses pembentukan bulan, para astronom memperkirakan gangguan tersebut dapat disebabkan oleh pecahnya bulan yang tidak teramati selama ini. Saturnus memiliki lebih dari 150 bulan dan satelit bulan.

Dalam dua tahun, Cassini akan bergerak lebih dekat pada daerah tersebut untuk mengamati lebih dekat fitur misterius tersebut. (esy/jpnn)

 


NEWYORK--Hasil observasi pesawat antariksa NASA Cassini dalam orbitnya di sekitar Saturnus, memunculkan dugaan adanya bulan kecil di planet tersebut.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News