Dorong Parpol Islam Bersatu demi Pilpres

Gagas Koalisi, Kumpulkan Tokoh dan Pimpinan Partai Islam di Cikini

Dorong Parpol Islam Bersatu demi Pilpres
Dorong Parpol Islam Bersatu demi Pilpres

jpnn.com - JAKARTA - Malam ini sejumlah tokoh Islam akan berkumpul di Cikini, Jakarta Pusat, guna menggagas poros politik yang terdiri dari koalisi partai-partai Islam. Pertemuan malam ini merupakan lanjutan dari Musyawarah Kepemimpinan Nasional Umat Nasional 2014 di Jakarta, Rabu (15/4) yang dihadiri sekitar 75 orang tokoh Islam dan utusan parpol Islam.

"Kita menampung arus bawah, suara umat Islam yang ingin partai Islam bersatu memilih capres dan cawapresnya," kata Ketua Pelaksana Koalisi Umat Islam, Ustaz Bachtiar Nasir, Ustaz Bachtiar Nasir dalam konferensi pers di Cikini, Kamis (17/4).

Dipaparkannya, poros yang dinamai Koalisi Umat Islam itu terlahir dari pengajian politik di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan yang dinisiasi  KH Cholil Ridwan. Semua ormas Islam termasuk NU-Muhammadiyah juga terlibat.

Bachtiar menambahkan, Koalisi Umat Islam mendesak para pimpinan parpol Islam untuk bersatu dan mengusung calon presiden sendiri dalam pemilu presiden 9 Juli nanti. Dorongan itu diklaim berasal dari dukungan suara ke parpol-parpol Islam yang jumlahnya totalnya mencapai 32 persen. "Kita akan gerilya dan bekerja agar partai Islam tidak terjebak dalam matematika politik," kata Bachtiar.

Dalam pertemuan nanti, kata Bachtiar, Koalisi Umat Islam akan mendesak parpol Islam mendegar aspirasi muslim di tanah air. Sebab, ada tarikan ke ke parpol Islam untuk berkoalisi karena kepentingan individu.

"Kami Koalisi Umat Islam meminta parpol Islam memperhatikan aspirasi umat Islam, dan tidak terjebak dalam kontrak politik yang merugikan umat Islam. Mudah-mudahan dengan izin Allah, hati mereka (pimpinan parpol Islam) dilembutkan untuk bersatu," harapnya.

Sejumlah tokoh yang akan hadir hadir pada pertemuan itu antara lain KH Cholil Ridwan (pengurus MUI Pusat), Din Syamsuddin (Ketua PP Muhammadiyah), KH Said Aqil Siraj, KH. Hasyim Muzadi, KH. Mustofa Bisri, KH. Salahuddin Wahid dan KH. Didin Hafidhuddin.

Selain itu ada juga para pimpinan parpol Islam seperti Muhaimin Iskandar dari PKB, Amien Hatta Rajasa dan Hatta Rajasa dari PAN, Muhammad Anis Matta dan Hidayat Nur Wahid dari PKS, Suryadharma Ali dan Hamzah Haz dari PPP, serta  Yusril Ihza Mahendra dari PBB.

JAKARTA - Malam ini sejumlah tokoh Islam akan berkumpul di Cikini, Jakarta Pusat, guna menggagas poros politik yang terdiri dari koalisi partai-partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News