Amien Rais Ingin Gaet Kalangan Nasionalis

Kesampingkan Poros Tengah, Gagas Poros Indonesia Raya

Amien Rais Ingin Gaet Kalangan Nasionalis
Amien Rais Ingin Gaet Kalangan Nasionalis

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat NAsional (PAN) Amien Rais ikut hadir di acara pertemuan Koalisi Umat Islam di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (17/4). Namun, mantan Ketua MPR RI itu menegaskan bahwa pertemuan itu bukan untuk mengulangi lagi Poros Tengah yang digagasnya pada 1999 sehingga mengantarkan KH Abdurrahman Wahid menjadi Presiden RI keempat.

Amien menegaskan, ide menghidupkan lagi Poros Tengahsudah tak relevan lagi. "Saya adalah arsitek poros tengah lebih dari 10 tahun lalu itu. Saya katakan konstelasi politik sekarang sudah sangat berbeda. Tak mungkin memutar balik jam ke masa lalu," katanya.

Karenanya Amien menegaskan, sudah saatnya poros yang dibangun tidak hanya terdiri dari partai-partai Islam. Amien mengatakan, poros itu juga perlu diperkuat dengan partai nasionalis.

"Yang tepat sekarang ini namanya poros Indonesia Raya. Levelnya kita angkat lebih tinggi. Persoalan bangsa ini tak bisa hanya dipikul oleh umat Islam, juga oleh kalangan nasionalis. Karena itu kita juga mengajak teman-teman dari partai nasionalis," kata Amien.

Lantas mengapa Amien menyodorkan poros Indonesia Raya?"Kenapa Poros Indonesia Raya? Karena dalam lagu kebangsaan kita tujuh kali disebutkan Indonesia Raya," kata Amien sambil menyanyikan potongan bait refrain lagu kebangsaan Indonesia itu.(hah/dil/jpnn)

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat NAsional (PAN) Amien Rais ikut hadir di acara pertemuan Koalisi Umat Islam di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News