Amien Rais Gulirkan Ide Koalisi Indonesia Raya

Amien Rais Gulirkan Ide Koalisi Indonesia Raya
Amin Rais. Foto: Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (MP PAN) Amien Rais mengaku setuju dengan wacana koalisi antarpartai Islam. Asalkan, koalisi tersebut tidak mengadopsi model poros tengah yang dibentuknya saat pemilu 1999.

Amien mengatakan, koalisi yang hanya melibatkan unsur politik Islam saja sudah tidak relevan digunakan saat ini. Menurutnya, koalisi partai Islam juga harus merangkul elemen nasionalis.

"Saya usulkan yang tepat sekarang ini namanya Koalisi Indonesia Raya. Levelnya kita angkat lebih tinggi. Persoalan bangsa ini tak bisa hanya dipikul oleh umat Islam," kata Amin sebelum menghadiri pertemuan Forum Koalisi Politik Islam di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/4).

Dijelaskannya, koalisi ini bertujuan mewujudkan Indonesia yang merdeka, adil dan makmur seperti diamanatkan pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Karenanya, seluruh elemen bangsa harus masuk dilibatkan.

Meski begitu, Amin tidak menjelaskan partai nasionalis mana yang kira-kira akan diajak bergabung dalam koalisinya itu. Menurutnya, hal tersebut akan dibicarakan lebih lanjut dengan pimpinan partai dan tokoh Islam lainnya.

"Yang jelas teman-teman Kristiani, Budha, Konghucu harus dipadukan dengan poros tengah dan nasionalis dengan acuan Pancasila dan UUD 1945," ujar pendiri PAN ini. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (MP PAN) Amien Rais mengaku setuju dengan wacana koalisi antarpartai Islam. Asalkan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News