Musik Keras Bisa Bikin Telinga Berdarah?

Musik Keras Bisa Bikin Telinga Berdarah?
Musik Keras Bisa Bikin Telinga Berdarah?

jpnn.com - SEJUMLAH penggemar UB40 meninggalkan tempat sebelum konser usai. Anna Webster misalnya, dia meninggalkan konser grup musik beraliran reggae yang berlangsung di Cambridge, Inggris, akibat rasa tidak nyaman di pendengarannya setelah mendengar volume musik yang keras di konser tersebut.

Saking volumenya begitu keras, Anna mengaku tubuhnya ikut bergetar. "Karena kejadian itu, setelah lagu pertama, saya memutuskan meninggalkan konser," kata Anna dilansir BBC, Kamis (17/4).

Tiba di rumah, Anna langsung tidur. Begitu bangun di pagi hari, dia terkejut lantaran keluar darah dari telinganya. Dari kasus yang menimpa wanita Inggris, timbul pertanyaan: apakah konser musik yang terlalu berisik berbahaya? Apakah musik keras bisa membuat telinga berdarah?

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Addenbrooke Cambridge, Yujay Ramakrishnan mengatakan, kejadian yang dialami Anna Webster bisa disebabkan oleh keriuhan konser. walau dokter Ramakrishnan  mengaku, ini jarang terjadi.

Dalam kasus Webster, menurut Yujay, gendang telinganya sudah berlubang sejak kecil dan bisa menjadi faktor penyebab pendarahan.

Ia mengatakan, agar kasus yang dialami Anna Webster tidak terjadi pada kita, posisi saat menonton konser menjadi kunci untuk menghindari masalah pada pendengaran. "Jika Anda terlalu dekat dari sumber suara, misalnya pengeras suara, Anda memposisikan diri terlalu dekat dengan gelombang tekanan," ujarnya.

Ia menjelaskan, tekanan itulah yang dapat membuat pembuluh kapiler pada gendang telinga pecah. "Tetapi tidak hanya volume suara yang menjadi masalah, usia juga memegang peran penting dalam menentukan seberapa sensitif Anda terhadap suara," tandasnya.(ris/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Testpack Pendeteksi Kanker

SEJUMLAH penggemar UB40 meninggalkan tempat sebelum konser usai. Anna Webster misalnya, dia meninggalkan konser grup musik beraliran reggae yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News