Ribuan Umat Katolik Peringati Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta

Ribuan Umat Katolik Peringati Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta
Ribuan Umat Katolik Peringati Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta

jpnn.com - JAKARTA - Ribuan umat Katolik mendatangi Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga di Jalan Katedral Nomor 7B, Jakarta Pusat hari ini (18/4). Umat Katolik datang untuk mengikuti kegiatan misa Jumat Agung dan Jalan Salib.

Tema dalam masa Prapaskah 2014 ini adalah "Dipilih untuk Melayani". Tema ini mengingatkan umat Kristiani untuk meneladani langkah Yesus Kristus melayani dan membantu sesama manusia dengan tulus hati. Terutama untuk setulus hati membantu sesama yang mengalami rentetan bencana alam dalam negeri di awal 2014 ini.

"Ini merupakan ajakan bagi kita semua untuk menyadari tugas pelayanan baik dilakukan sendiri maupun dalam keluarga, komunitas dan lingkungan sekitar," ujar salah satu anggota humas Panitia Paskah, Robertus Kenji pada JPNN, Jumat.

Menurut Robert salah satu kegiatan Jumat Agung yang paling ditunggu-tunggu umat adalah tablo. Tablo adalah visualisasi kisah sengsara Yesus hingga disalibkan. Dalam tablo sang pemeran Yesus benar-benar mendapat pukulan dan cambukan dari algojo-algojo. Tak sedikit umat di dalam gereja Katedral yang menitikkan airmata saat mengikuti kegiatan tablo tersebut.

Sejauh ini, kegiatan ibadah Tri Hari Suci sejak Kamis Putih hingga Jumat Agung ini berjalan lancar."Kalau dari internal gereja disiapkan 41 anggota pengamanan dan kami juga dibantu personil kepolisian," kata Robert.

Guna mengantisipasi jumlah umat yang membeludak, pihak panitia Paskah Katedral sudah menyiapkan sejumlah tenda di halaman depan gereja beserta kursi dan televisi.(flo/jpnn)


JAKARTA - Ribuan umat Katolik mendatangi Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga di Jalan Katedral Nomor 7B, Jakarta Pusat hari ini (18/4).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News