Din Terus Dorong Koalisi Parpol Islam Segera Terwujud

Din Terus Dorong Koalisi Parpol Islam Segera Terwujud
Din Terus Dorong Koalisi Parpol Islam Segera Terwujud

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah organisasi kemasyaraatan (ormas) Islam kian gencar mendorong partai-partai politik berbasis Islam agar bersatu dan berkoalisi demi pemilu presiden (pilpres). Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, perolehan suara partai-partai Islam di pemilu legislatif (pileg) lalu merupakan peluang besar untuk memenangi pilpres.

“Ini terus kita dorong. Sudah beberapa pertemuan yang dijalin untuk membahas ini dengan pimpinan-pimpinan parpol, termasuk pertemuan Cikini kemarin,” ujar Din dalam diskusi ‘Membaca Arah Politik Islam’ di Jakarta, Sabtu, (19/4).

Din mengungkapkan, umat Islam sudah cukup kecewa terhadap Pemilu 2009 ketika parpol Islam tidak dapat berbuat apa-apa. Saat itu, parpol-parpol Islam yang mendapat dukungan signifikan justru berkoalisi dengan partai lain. Sayangnya, koalisi itu berjalan dengan cek kosong, karena parpol Islam tidak mendapat jatah posisi strategis dalam pemerintahan sehingga tidak dapat menyuarakan aspirasi umat.

Karenanya Din berharap hal itu tidak terulang dan meminta parpol Islam tidak hanya memanfaatkan umatnya untuk mendulang suara semata. “Saat ini yang perlu diusahakan paling tidak dalam bentuk koalisi, belum perlu lebur tapi dalam hal kebangsaan mereka harus satu suara,” sambungnya.

Din menambahkan bahwa untuk mengupayakan ajakan koalisi parpol Islam, pada pekan depan pihaknya bersama sejumlah ormas akan kembali menggelar pertemuan dengan pimpinan parpol. Pertemuan itu untuk membahas langkah-langkah agar koalisi itu dapat terjalin.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Sejumlah organisasi kemasyaraatan (ormas) Islam kian gencar mendorong partai-partai politik berbasis Islam agar bersatu dan berkoalisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News