Waspadai Kebocoran Soal UN SMP

Waspadai Kebocoran Soal UN SMP
Waspadai Kebocoran Soal UN SMP

jpnn.com - MAKASSAR -- Soal ujian nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Sulsel sudah tiba, Sabtu, 19 April. Kedatangan soal yang lebih cepat dua hari ini dikhawatirkan rawan kebocoran.

Sesuai jadwal  yang telah ditetapkan, naskah soal UN SMP baru diterima Dinas Pendidikan Sulsel, Senin, 21 April besok. Namun pengiriman justru dilakukan  lebih cepat. Kendati demikian, panitia menjamin kemanan soal.

Penyimpanan soal dilakukan di gudang bekas penyimpangan soal UN SMA lalu. Letaknya di sebuah gudang di Jalan Parumpa Daya.

Naskah soal yang tiba sore hari tersebut terdiri atas lima kontainer berisi 2.966 dos. Begitu tiba, langsung dimasukkan ke dalam gudang kira-kira pukul 18.00 Wita.

Humas Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Asri, mengonfirmasikan, proses penurunan soal dari kontainer ke dalam gudang dilakukan dengan penjagaan ketat.

"Rencananya, soal UN SMP untuk remote area akan didistribusikan Senin, 21 April selepas serah terima dari percetakan ke Dinas Pendidikan," kata Asri.

Tahun ini, total peserta UN SMP se-Sulsel sebanyak 148.474 siswa. Jumlah itu terbagi atas, peserta Paket B sebanyak 4.849 siswa, SMP umum 116.679 siswa, SMP Terbuka sebanyak 2.716 siswa, SMPLB 109 dan MTs sebanyak 24.121 siswa.

Panitia UN Dinas Pendidikan Sulsel, Firdausi Topuriti mengatakan, soal UN SMP saat ini masih dalam tanggung jawab pihak percetakan. Jika sudah diserahkan, maka selanjutnya Dinas Pendidikan yang bertanggung jawab.

MAKASSAR -- Soal ujian nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Sulsel sudah tiba, Sabtu, 19 April. Kedatangan soal yang lebih cepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News