Taruh Polwan di Polsek Dekat Polres

Taruh Polwan di Polsek Dekat Polres
Taruh Polwan di Polsek Dekat Polres

jpnn.com - JAKARTA - Bertambahnya kuota penerimaan brigadir polwan membuat para remaja putri antusias. Hingga penutupan pendaftaran kemarin, sudah ada lebih dari 40 ribu remaja yang lolos verifikasi awal seleksi brigadir polwan. Mereka akan segera menjalani berbagai seleksi untuk bisa menempuh pendidikan selama tujuh bulan.    

Secara keseluruhan, total pendaftar brigadir polisi baik polwan dan polki tahun ini cukup besar. Hingga pendaftaran ditutup kemarin siang, tercatat ada 329.679 remaja yang mendaftar sebagai calon brigadir polisi. Mereka akan memperebutkan kuota 10.500 polki dan 7.000 polwan yang direkrut tahun ini.
    
Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Agus Rianto mengatakan, pendidikan brigadir akan dimulai pada 3 Juni dan berakhir pada 29 Desember. Setelahnya, para polisi itu akan disebar ke seluruh Indonesia. "Untuk Polwan, tahun ini mereka akan ditempatkan di polsek-polsek yang masih terhitung dekat dengan Polres," tuturnya. 
      
Mabes Polri tidak mau mengambil risiko dengan langsung menempatkan polwan di polsek-polsek yang jauh dari Polres. Hal itu berkaitan dengan faktor keamanan dan psikologis para polwan. Setelah mereka terbiasa bekerja di polsek terdekat, baru perlahan akan digeser lebih jauh.  
      
Sebelum menjalani pendidikan, para calon brigadir bakal menjalani enam kali seleksi. Terdiri dari seleksi kesehatan dua kali, jasmani, psikologi, akademis, dan pemeriksaan akhir. Setelahnya, mereka akan digembleng di delapan sekolah polwan di Jawa dan Bali 
      
Anggota Kompolnas Hamidah Abdurrachman meminta Polri benar-benar serius menyiapkan SDM brigadir polwan. Sesuai tujuan awal, rekrutmen besar-besaran polwan dilakukan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan penyidik perempuan di polsek. "Mereka akan menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat," ujarnya.
      
Hamidah menuturkan, para polwan nantinya akan banyak menghadapi kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak. Karena itu, mereka harus memiliki kemampuan yang baik dalam hal psikologi perempuan dan anak. Namun, secara umum pihaknya mengapresiasi langkah Polri merekrut polwan dalam jumlah besar. (byu)


JAKARTA - Bertambahnya kuota penerimaan brigadir polwan membuat para remaja putri antusias. Hingga penutupan pendaftaran kemarin, sudah ada lebih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News