12 Ribu Orang Pindah ke Surabaya

12 Ribu Orang Pindah ke Surabaya
12 Ribu Orang Pindah ke Surabaya

MULYOREJO - Surabaya memiliki daya tarik kuat yang membuat penduduk kota lain menjadi warga kota itu. Berdasar data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, selama Januari-Maret, terdapat 12.669 warga yang mengajukan pindah dari kota asal ke Surabaya.

Sementara itu, jumlah warga Surabaya yang memilih pindah ke kota lain hanya 4.769 orang. Jumlah pendatang yang ingin menjadi warga kota tersebut lebih banyak tiga kali lipat daripada yang pindah keluar. ''Tiap bulan rata-rata ada 5 ribu warga pendatang yang ingin menjadi penduduk Surabaya,'' terang Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo. Dengan rerata tersebut, setidaknya ada 60 ribu warga pendatang yang mengajukan pindah ke Surabaya tiap tahun.

Laki-laki yang akrab disapa Anang itu menyatakan, faktor terbanyak yang membuat warga ingin pindah ke kota itu adalah pendidikan. Orang tua menginginkan anaknya menempuh pendidikan sekolah negeri di Surabaya. ''Untuk itu, mereka harus mempunyai KTP dan KK Surabaya,'' ucapnya.

Alasan lain, lanjut dia, banyak warga luar kota yang mengadu nasib di Surabaya. Dengan demikian, yang sebelumnya hanya berstatus warga musiman berubah menjadi warga Surabaya.

MULYOREJO - Surabaya memiliki daya tarik kuat yang membuat penduduk kota lain menjadi warga kota itu. Berdasar data Dinas Kependudukan dan Catatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News