Kantor PLN Terbakar, Koneksi Jaringan Lumpuh

Kantor PLN Terbakar, Koneksi Jaringan Lumpuh
Kantor PLN Terbakar, Koneksi Jaringan Lumpuh

jpnn.com - MADIUN - Kantor PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Madiun di Jalan M. T. Haryono 30 membara pada kemarin subuh (19/4). Api melalap seluruh bangunan beserta isinya. Sejumlah dokumen, peralatan kantor, komputer serta tiga mobil dan kendaraan pribadi ludes. 

Kebakaran yang terjadi pukul 04.00 itu melumpuhkan koneksi jaringan pelayanan PLN. Koneksi jaringan yang lumpuh tersebut meliputi kantor APJ dengan wilayah kerja rayon Kota/Kabupaten Madiun, Magetan, dan Ngawi.

Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Madiun, api diduga berasal dari ruang server. Petugas keamanan (satpam) sempat mendengar ledakan keras dari ruangan di lantai 1. Tidak lama kemudian, muncul kepulan asap hitam pekat. 

Penanganan pertama dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) tidak mampu menjinakkan kobaran api. Petugas keamanan lantas melaporkan kejadian tersebut kepada polisi, pemadam kebakaran, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun. Juga, meminta bantuan mobil pemadam kebakaran (damkar) ke Lanud Iswahjudi, Magetan. 

"Karena di dalam bangunan terdapat banyak sekat kayu dan dokumen, kobaran api pun menjalar dengan sangat cepat," ungkap Asisten Manajer Jaringan PLN APJ Madiun Aep Saifudin. 

Menurut dia, investigasi internal masih dilakukan untuk mengetahui pemicu kebakaran tersebut. Sejumlah informasi sudah dikumpulkan dari satpam mengenai terjadinya ledakan dari ruang server itu. "Soal penyebabnya, kami belum bisa memberikan informasi secara resmi. Misalnya, karena dipicu korsleting atau hal lain," tuturnya.

Kebakaran tersebut, lanjut dia, meludeskan ruang server, komputer, dan berbagai dokumen penting. Terkait dengan kerugian dalam insiden itu, dia belum bisa memperkirakan. "Yang jelas, nilainya sangat besar," ujarnya. 

Aep menuturkan, kerugian karena kebakaran tersebut berkaitan dengan ludesnya tiga mobil di kantor itu. Yakni, masing-masing satu Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, dan Nissan Grand Livina. Sebuah Toyota Avanza lain dapat diselamatkan. "Selain mobil operasional, ada mobil pribadi yang ikut terbakar," terangnya.

MADIUN - Kantor PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Madiun di Jalan M. T. Haryono 30 membara pada kemarin subuh (19/4). Api melalap seluruh bangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News