Triwulan, 3.271 Kapal Bersandar

Triwulan, 3.271 Kapal Bersandar
Triwulan, 3.271 Kapal Bersandar

jpnn.com - PABEAN CANTIAN - Tahun ini aktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak kian ramai. Buktinya, jumlah kapal yang bersandar di sana bertambah. Sejak Januari-Maret, tercatat ada 3.271 kapal yang bersandar. Baik kapal yang membawa barang maupun penumpang.

Kepala Humas PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhany Rahmad Agustian menjelaskan, jumlah tersebut naik 228 unit atau 7 persen bila dibandingkan dengan triwulan pertama tahun lalu. ''Terbanyak adalah kapal yang mengangkut peti kemas. Jumlahnya mencapai 1.125 kapal,'' terangnya. Disusul dengan kapal tanker, kapal penumpang, dan kapal nonpeti kemas. Serta pelayaran rakyat (pelra) (lihat grafis).

Berdasar bendera kapal, kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak masih didominasi kapal berbendera Indonesia daripada kapal berbendera asing. Yakni, mencapai 54 persen. Terdapat 2.805 kapal berbendera Indonesia di Tanjung Perak. Kapal berbendera asing tercatat hanya 466 kapal.

General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak Toto Heli Yanto menyatakan, saat ini peran pelabuhan sangat penting sebagai gerbang keluar-masuknya barang. Arus kunjungan kapal itu akan semakin meningkat tajam setelah pelebaran dan pendalaman Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) selesai dilakukan. ''Semakin banyak barang yang dibawa kapal berukuran besar, biaya logistiknya akan menjadi semakin efisien,'' tuturnya. (lum/c14/ai)


PABEAN CANTIAN - Tahun ini aktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak kian ramai. Buktinya, jumlah kapal yang bersandar di sana bertambah. Sejak Januari-Maret,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News