Ini Foto Letusan Merapi yang Dirilis BPPTKG

Ini Foto Letusan Merapi yang Dirilis BPPTKG
Letusan kecil Merapi di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah memberi letusan kecil pada Minggu (20/4) sekira pukul 04.26 – 04.40 WIB. Foto: BPPTKG

jpnn.com - MAGELANG -- Gunung Merapi kembali mengalami letusan kecil. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah memberi letusan kecil pada Minggu (20/4) sekira pukul 04.26 – 04.40 WIB.

Dalam akun Twitter resminya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melansir foto letusan Merapi tersebut.

BPPTKG menjelaskan, pada pukul 08.28 WIB, hujan abu masih terjadi di Lereng Merapi. Untuk warga di sekitar Merapi diminta menggunakan masker, kacamata, penutup kepala. "Hindari aktivitas di luar ruangan," demikian pernyataan tertulis BPPTKG.

Berdasarkan analisis lava pijar yang keluar dari kawah bukan material juvenile (magma baru). Merapi belum memasuki fase letusan magmatik baru.

Material yang keluar adalah gas vulkanik yang dominan CO2 yang memicu letusan. Adanya beberapa kali gempa tektonik di DIY dan Jawa Tengah juga berpengaruh pada sistem internal di Gunung Merapi sehingga terjadi pelepasan CO2. (abu/jpnn)


MAGELANG -- Gunung Merapi kembali mengalami letusan kecil. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah memberi letusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News