Gerindra Diprediksi Tujuh Kursi, Demokrat Dua Kursi

Gerindra Diprediksi Tujuh Kursi, Demokrat Dua Kursi
Gerindra Diprediksi Tujuh Kursi, Demokrat Dua Kursi

jpnn.com - PANGKALAN BUN - Partai Gerinrda diprediksi mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), dengan perolehan 7 kursi dari 30 kursi yang ada. Dari empat daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Kobar, parpol asuhan Prabowo Subianto itu diprediksi bakal memiliki wakil atau memperoleh kursi di semua dapil.

Rinciannya, dua kursi di Dapil 1, dua kursi di Dapil 2, dua kursi di Dapil 3 dan satu kursi di Dapil 1. Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan sementara dan prediksi perolehan kursi yang dihimpun Radar Pangkalan Bun dari berbagai sumber.

Kemarin (20/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Kobar.

Dapat dilihat bahwa Gerindra menempati urutan pertama dari jumlah total suara masuk, yakni sekitar 26.750 suara. Gerindra diprediksi memperoleh tujuh kursi.

Selanjutnya urutan kedua berdasarkan perolehan suara adalah PDIP, yaitu sekitar 22.362 suara. Namun diprediksi PDIP hanya memperoleh lima kursi karena kalah dengan Golkar di Dapil 1, dimana Golkar memperoleh 2 kursi, PDIP diprediksi hanya satu kursi.

Padahal, dari hasil global seluruh dapil di Kobar, Golkar menempati urutan ketiga setelah PDIP. Ditengarai, perolehan suara Partai Golkar lebih proporsional di semua Dapil.

Selain Gerindra yang diprediksi mendapatkan tujuh kursi, PDIP lima kursi, dan Golkar enam kursi, Parpol lain yang memperoleh kursi di DPRD Kobar adalah PAN, PKB, Nasdem, Demokrat, PKS, dan PPP. Selebihnya tiga Parpol yakni Hanura, PBB dan PKPI, diprediksi tidak memperoleh kursi di DPRD Kobar.

Masih berdasarkan perolehan suara di sejumlah PPK di Kobar, Partai Demokrat diprediksi anjlok perolehan suaranya. Dimana, Demokrat yang pada Pemilu sebelumnya memperoleh enam kursi, kini diprediksi hanya memperoleh dua kursi, yakni di Dapil 1 dan 2. Jumlah perolehan suara se-Kobar sekitar 7.314 suara.

PANGKALAN BUN - Partai Gerinrda diprediksi mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), dengan perolehan 7 kursi dari 30 kursi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News