Karate Terus Berjuang ke SEA Games

Karate Terus Berjuang ke SEA Games
Karate Terus Berjuang ke SEA Games

JAKARTA - Empat cabang olahraga (cabor) masih menggantung nasibnya untuk dipertandingkan di SEA Games XXVIII/2015 Singapura. Yakni karate, angkat besi, tarung derajat, dan kempo. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan berkomunikasi intens dengan para cabor pekan ini.
    
Finalisasi mengenai cabor sendiri akan dilakukan dalam rapat SEA Games Federation pada 29 April mendatang di Singapura. Sejauh ini sudah ada 36 cabor yang pasti dipertandingankan. Dan dari empat yang antri masuk SEA Games, belum pasti semuanya dikabulkan tuan rumah.
    
Ketua umum PB Forki Hendardji Soepandji kemarin (20/4) mengatakan pihaknya akan bertemu ketua umum KOI Rita Subowo hari ini (21/4). Hendardji akan melaporkan hasil pertemuan dengan negara-negara se Asia Tenggara soal tak dipertandingkannya karate tahun depan di Singapura.
    
"Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, dan Brunei Darussalam akan mendesak NOC (National Olympic Committee, red.) masing-masing negara  untuk mengajukan karate sebagai cabor yangb dipetandingkan di Singapura," kata Hendardji.
    
Absennya karate di Singapura lebih disebabkan ketidak adaan potensi Singapura meraup medali di karate. Karena itulah, meski populer di kawasan Asia Tenggara, Singapura yang menjadi tuan rumah memakai hak prerogatifnya untuk tak menggelar karate.
    
Di sisi lain, Plt.Sekretaris Jendral KOI Hifni Hasan mengatakan KOI akan berusaha mati-matian untuk menambah kuota cabor di Singapura endatang. Jika dari 36 cabor bisa ditambah 40 cabor, maka kans medali Indonesia pun emmbesar.
    
"Kalau pun bisa bertambah, mungkin hanya tiga cabor. Kalau empat cabor rasanya kok berat. Jadi empat cabor yang antri buat dipertandingkan itu, Singapura tak punya atlet. sehingga berat untuk dipertandingakn," jelas Hifni. (dra)

Cabor yang dipertandingkan di SEA games Singapura:
Akuatik (renang, loncat indah, renang indah, polo air)    
Panahan
Atletik
Badmi nton
Bulu tangkis
Basket
Biliar
Bolin g
Kano
Rowing
Balap sepeda
Anggar
Sepak bola
Senam
Hoki
Judo
netba ll
pencak silat
rugby
layar
sepak takraw
menembak
softball
sq uash
tenis meja
tekwondo
tenis
perahu naga
triathlon
ski air
wushu
petanque
bola tangan
tinju
equestrian
vol i


JAKARTA - Empat cabang olahraga (cabor) masih menggantung nasibnya untuk dipertandingkan di SEA Games XXVIII/2015 Singapura. Yakni karate, angkat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News