Dituding Manipulasi Suara, Ketua PPK Tonjok Ketua Panwascam

Dituding Manipulasi Suara, Ketua PPK Tonjok Ketua Panwascam
Dituding Manipulasi Suara, Ketua PPK Tonjok Ketua Panwascam

jpnn.com - MABA – Rapat pleno rekapitulasi suara Pileg di KPU Haltim Minggu (20/1) ricuh. Pemicunya, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan PPK) Wasile Selatan Man Usman menonjok Ketua Panwascam Isman Sarafuddin.

Man tidak bisa mengendalikan emosinya setelah dituding menggelembungkan suara. Sebab data pleno PPK Wasile Selatan yang disodorkan ke KPU tidak sesuai data form C1 yang dikontongi Ketua Panwas Kecamatan Wasile Selatan, Isman Sarafuddin.

Tindakan Ketua PPK Wasile Selatan itu membuat forum rapat pleno rekapitulasi suara tingkat KPU ricuh. Pimpinan siding, Fahruddin Umar yang juga pelaksana tugas Ketua KPU Haltim langsung menunda pleno.

Ketua PPK Wasile Selatan Man Usman diamankan aparat keamanan. Satu jam setelah kejadian itu, rapat pleno kembali gelar digelar. Namun kembali ricuh hingga sidang kembali ditunda sampai Senin (22/4) hari ini.

Di hadapan forum rapat pleno, Man mengatakan, tidak sinkronnya data hasil rekapitulasi suara tingkat PPK dengan Panwas karena Panwascam maupun Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang ditunjuk Panwaslu kabupaten tidak tahu membaca dan menulis.

"Bagaimana data mau sama, kerja Panwas dan PPL hanya tidur. Apesnya mereka tidak tahu membaca dan menulis,” ujarnya.

Man mengatakan, jika data PPK Wasile Selatan diragukan, dia meminta KPU dan Panwaslu Kabupaten kroscek ulang data-data saat perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Wasile Selatan.

“Kalau tidak percaya dengan data kami, buka saja hasil perhitungan di TPS, biar lebih jelas,” katanya (wm5/kox)


MABA – Rapat pleno rekapitulasi suara Pileg di KPU Haltim Minggu (20/1) ricuh. Pemicunya, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan PPK) Wasile Selatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News