Peminat Bintara Membludak, Pendaftaran Akpol Sudah Dibuka

Peminat Bintara Membludak, Pendaftaran Akpol Sudah Dibuka
Peminat Bintara Membludak, Pendaftaran Akpol Sudah Dibuka

jpnn.com - JAKARTA -- Pelamar untuk menjadi anggota Polri membludak. Hingga 19 April 2014, Mabes Polri mencatat ada 342.251 pendaftar. Rinciannya, 215.752 pendaftar pria dan 167.089 perempuan.

Dari jumlah itu kemudian dilakukan verifikasi oleh bagian Sumber Daya Manusia Mabes Polri. Alhasil, ditemukan sebanyak 192.816 orang yang dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

"Akhirnya ditemukan 192.816 yang akan lanjut melakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto, Senin (21/4), di Mabes Polri.

Menurut Agus, secara garis besar memang ada peningkatan pendaftar sebagai anggota Polri. Apalagi, ia menambahkan, sosialisasi terus digencarkan. "Mereka juga melihat kiprah Polri di mata masyarakat sehingga tahun ini ada peningkatan animo pendaftaran Polri," ujar Agus.

Agus pun menambahkan, pada 19 April 2014 hingga 25 Mei 2014, Polri juga melaksanakan seleksi penerimaan untuk taruna dan taruni Akademi Kepolisian.

Sistem pendaftarannya masih sama. Pendaftar datang ke masing-masing Polres. "Yang jelas kita mulai buka taruna taruni Akpol," tegasnya.

Menurutnya, pendidikan untuk Akpol itu selama empat tahun mulai 25 Juli. Beberapa persyaratan harus dipenuhi. Misal tinggi badan pria minimal 163 centimeter, perempuan 160 centimeter.

"Untuk persyaratan intelektual bagi Akpol memang beda," katanya. Kalau brigadir, minimal pendidikan SMA sederajat. Kalau Akpol itu hanya SMA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA dan IPS. Selain itu juga dibagi dalam dua kategori. Ada bagi yang sudah lulus atau yang masih kelas tiga.

JAKARTA -- Pelamar untuk menjadi anggota Polri membludak. Hingga 19 April 2014, Mabes Polri mencatat ada 342.251 pendaftar. Rinciannya, 215.752 pendaftar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News