Akuisisi BTN, Bank Mandiri Jadi Pesaing Bank Asing

Akuisisi BTN, Bank Mandiri Jadi Pesaing Bank Asing
Akuisisi BTN, Bank Mandiri Jadi Pesaing Bank Asing

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat perbankan dari Universitas Indonesia (FE-UI), Aris Yunanto mengatakan, rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk oleh PT Bank Mandiri Tbk sah-sah saja sepanjang dilakukan untuk meningkatkan daya saing Bank Mandiri.

"Menurut saya, kita harus melihat akuisisi ini dari berbagai sisi," kata Aris Yunanto, Senin (21/4), saat dimintai tanggapannya soal akuisisi BTN oleh Mandiri.

Menurut Aris, fokus BTN selama ini memberi layanan pada masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN. Sedangkan Bank Mandiri punya fokus yang berbeda dengan BTN.

"Tidak masalah apabila Bank Mandiri mengakuisisi BTN, tetapi fokus bisnis BTN selama ini tidak boleh dihilangkan. Artinya, jika sudah diakuisisi, Bank Mandiri harus menyediakan layanan yang selama ini ditangani BTN," saran Aris.

Aris mengingatkan, jika seluruh proses akusisi sudah dilakukan dengan baik, otomatis Bank Mandiri semakin besar dan fokus bisnisnya bertambah luas.

"Tapi yang terpenting, Bank Mandiri harus mampu bersaing dengan bank swasta asing di Tanah Air. Sebut saja bank asal Malaysia, CIMB. Di negerinya hanya memiliki 120 cabang  di Indonesia, jumlahnya ratusan. Artinya nasabah CIMB lebih banyak di Indonesia ketimbang di Malaysia," ungkap Aris. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat perbankan dari Universitas Indonesia (FE-UI), Aris Yunanto mengatakan, rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk oleh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News